Friday, August 16, 2019

Pembangunan Infrastruktur Jalan di Pulau Sumbawa Tunggu Detail Engineering Design

Kepala Dinas PU NTB Ir. H. Azhar mengatakan pembangunan jalan di Pulau Sumbawa menunggu DED, Pemprov NTB merencanakan pembangunan jalan di Sumbawa akan di mulai tahun depan
Mataram (postkotantb.com)- Pembangunan infrstruktur jalan di Pulau Lombok dan Sumbawa akan di mulai pada bulan Maret 2020. Sesuai perencanaan Pemprov NTB akan menyiapkan Detail Engineering Design yang akan di buat pada bulan Oktober tahun ini. DED ini di rencanakan akan di lelang pada bulan Desember-Januari sehingga pelelangan untuk pembangunan jalan di Pulau Lombok dan Sumbawa akan di laksanakan pada bulan Maret. 

Sementara pembangunan jalan di Pulau Sumbawa akan di laksanakan dengan pola multiyears dengan durasi selama tiga tahun. Adapun anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan di Pulau Lombok dan Sumbawa totalnya mencapai 750 Milyar dari total 1 Triliun yang di ajukan eksekutif. Namun dari total anggaran ini 75 persen akan di peruntukan untuk pembangunan jalan di Pulau Sumbawa dan sisanya untuk pembangunan jalan di Lombok. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB Azhar yang di temui di ruang kerjanya, Kamis (15/8) mengatakan, Pulau Sumbawa menjadi perioritas pembangunan jalan karena terjadinya penurunan kualitas jalan yang mencapai 1,4 persen pertahun.  Sementara anggaran pemeliharaan untuk jalan provinsi tidak begitu besar. Namun pada tahun 2020 Pemprov NTB mendapatkan dana hibah pemeliharaan jalan dari Australia melalui program Prim. 

Azhar menyatakan pembangunan jalan di Sumbawa tidak menyeluruh pembangunan ulang atau rekonstruksi. Beberapa ruas merupakan pemeliharaan rutin dan lainnya adalah peningkatan. 

"Jadi tidak semua rekon ya, ada peningkatan dan pemeliharaan rutin, jalan yang masih mantap kita pelihara, karena setiap tahun kita mengalami penurunan kondisi jalan sebesar 1,4 persen pertahun, kita berharap nanti kondisi jalan khususnya ruas jalan provinsi benar benar mantap secara keseluruhan," ujarnya.

Adapun ruas jalan yang akan di bangun di Pulau Sumbawa mulai dari Tetar-Lunyuk, Palpat  Lenanguar-Lunyuk, Sumbawa Besar-Batu Dulang, Simpang Negara-Pekat Dompu, Bajo-Kiwu, Hu'u Lere-Parado, Wera, Tawali-Sape Bima.

Tinggi nya anggaran untuk pembangunan infrstruktur jalan di Pulau Sumbawa khususnya ruas jalan provinsi karena tingkat kemantapan jalan di Pulau Sumbawa masih mencapai 70 persen.(RZ) 

No comments:

Post a Comment