Friday, August 16, 2019

Pembangunan Jalan Dari BIL ke Mandalika Butuh Anggaran 1,3 Triliun

Kadis PU NTB Ir. H. Azhar yakin pembebasan tanah jalan dari BIL ke Mandalika akan tuntas Desember tahun ini
Mataram (postkotantb.com)- Dalam rangka menyambut perhelatan Moto GP di kawasan Mandalika, Pemprov NTB terus mematangkan rencana pembangunan infrastruktur jalan khususnya akses dari BIL menuju Kawasan Mandalika. 

Pembangunan jalan dari BIL ke Mandalika ini akan di mulai pada tahun 2020. Adapun anggaran yang di persiapkan untuk pembangunan jalan dan pembebasan lahan mencapai 1,3 Triliiun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ir. H. Azhar menjelaskan upaya pembebasan tanah yang masih bermasalah juga akan segera di tuntaskan. Bahkan biaya untuk pembebasan tanah telah di siapkan oleh Balai Jalan Nasional (BJN) dengan alokasi anggaran mencapai 147 Milyar dan pembebasan tanah ini di targetkan tuntas hingga bulan Desember tahun ini.

"Tahun 2020 harus sudah di mulai pembangunan konstruksi sehingga tahun 2021 sudah siap di gunakan," jelas Azhar. 

Adapun panjang jalan yang akan di bangun dari BIL ke Mandalika sepanjang 17 Kilometer dengan lebar 50 meter dengan 4 jalur dan 16 lajur.

"Lebar 50 meter dengan 4 jalur dan 16 lajur ini memang di siapkan untuk berbagai jenis kendaraan, terutama nanti kendaraan cargo bagi tim pembalap Moto GP," ujarnya. 

Azhar optimis pembebasan tanah akan dapat di tuntaskan sampai pada bulan Desember tahun ini. Pemkab Loteng bersama BPN juga telah membuat Apraisal harga tanah. Seperti di ketahui kawasan Mandalika akan menjadi tuan rumah Moto GP pada tahun 2021 mendatang.(RZ) 

No comments:

Post a Comment