Tuesday, October 29, 2019

6 946 Pelanggar di Tindak di Hari Kelima Operasi Zebra Gatarin 2019

Hari kelima operasi Zebra Gatarin 2019 sebanyak 6 ribu lebih pengendara di tindak
Mataram (postkotantb.com)-Sebanyak 6.946 pelanggar diberikan tindakan tilang oleh Ditlantas Polda Nusa Tenggara Barat pada hari kelima pelaksanaan Operasi Zebra Gatarin 2019. Jumlah ini meningkat sebesar 240 % dari tahun sebelumnya. "Untuk tilang ini ada peningkatan yang cukup signifikan," ujar Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Amin Litarso, SH saat dihubungi, Senin (28/10).

Amin menjelaskan, jumlah pelanggaran pada hari kelima operasi ini sebanyak 7.965 kasus, terdiri atas 6.946 tilang dan 1.020 teguran yang diberikan petugas kepada pengguna jalan. Berbeda dengan jumlah tilang yang meningkat, kata dia, untuk jumlah teguran mengalami peningkatan sekitar 141% dibandingkan hari yang sama pada tahun sebelumnya.

"Tahun lalu sekitar 1.562  teguran kalau tahun sekarang sebanyak 1.020 teguran, ini mengalami penurunan," kata Amin. Dia menyebutkan, sampai hari kelima, terdapat sebanyak 4 kasus kecelakaan lalu lintas. Jumlah tersebut menurun sebanyak 22 kasus pada tahun lalu. Sementara itu, lanjut Amin, untuk korban meninggal dunia sebanyak sembilan orang dibandingkan dengan periode yang sama sebanyak 2 orang, "Tahun sebelumnya sebanyak 4 kasus, terjadi penurunan sebanyak 2 kasus, dan juga terjadi penurunan sebanyak 2 orang pada korban," tuturnya.

Pun demikian dengan tindakan polisi menilang pelanggar lalu lintas di tahun ini juga sama naiknya dibanding tahun lalu. Amin menyebutkan, tahun ini ada 6.946 surat tilang yang dikeluarkan.

"Sedangkan pada 2018 ada sebanyak 2.012 tilang dikeluarkan kepada pengendara lalulintas di wilayah Nusa Tenggara Barat," ujarnya.

Sementara itu, masih dalam rangkaian Operasi Zebra Gatarin 2019, Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar membagikan helm standar, gratis dan pembagian stiker berisi imbauan aman berkendara. Pembagian helm gratis di sela gelaran razia di depan Kantor Ditlantas Polda NTB.(RZ) 

No comments:

Post a Comment