-->

Arpusda Sumbawa Sumbangkan 70 Eksemplar Buku Ke Taman Bacaan Perahu Kertas

, Sunday, February 02, 2020 WIB Last Updated 2020-02-02T11:57:54Z
TBM Perahu Kertas mendapat sumbangan buku dari Arpusda Sumbawa, sumbangan buku ini untuk meningkatkan literasi dan minat baca
Sumbawa- (postkotantb.com) -Taman Bacaan Perahu Kertas di Taman Sahabat Kelurahan Brang Bara, Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB, mendapat sumbangan buku dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumbawa.

“Kami berterima kasih kepada Perpustakaan Daerah Sumbawa yang masih peduli terhadap gerakan literasi yang ada di Kota Sumbawa dengan menyumbangkan buku-buku sebanyak 70 eksemplar kepada Taman Bacaan perahu kertas kata Syamsul Hadi Kusmanto,Wakil Ketua Taman Bacaan perahu kertas Kelurahan Brang Bara, Jumat (31/1/2020).

Ia berharap, sumbangan buku tidak hanya dari Perpustakaan Daerah saja, para pengusaha dan lainya yang ada di Kota Sumbawa  agar bisa turut andil untuk menyumbangkan buku-buku bacaan sebagai bentuk dukungan dari masyarakat yang peduli terhadap dunia pendidikan dengan mendorong masyarakat agar meningkatkan minat baca di taman tersebut.

“Selain dari Perpustakaan Daerah Sumbawa kami juga berharap dari para pengusaha hotel maupun pengusaha lainnya juga ada rasa kepedulian terhadap pengembangan budaya baca masyarakat di Sumbawa,” harap Said Hasbullah Ketua TBM perahu kertas.

Kasi Layanan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Sumbawa, Halimah menambahkan bahwa keberadaan TBM Perahu Kertas merupakan sebuah inovasi perpustakaan mini dengan tujuan sebagai wadah masyarakat Sumbawa pada umumnya dan masyarakat RW 05 Kelurahan Brang Bara pada Khususnya yang sulit mengakses ke perpustakaan umum.

Jadi perahu kertas merupakan street library, dimana masyarakat tidak harus datang ke perpustakaan tapi perpustakaannya yang mendekat kepada masyarakat. Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk menyalurkan dan menghibahkan buku-buku miliknya dan ditempatkan secara langsung di perahu kertas sehingga bisa dibaca masyarakat luas.

“Kita mengapresiasi Perpustakaan Daerah Sumbawa, dan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Perpustakaan Daerah Sumbawa yang telah mendonasikan buku-bukunya ke TBM Perahu Kertas semoga menjadi ladang amal bagi kita semua.
Menurutnya, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Sumbawa juga selalu aktif ke sekolah-sekolah maupun ke tempat-tempat umum lainnya untuk selalu menggalakkan budaya literasi, seperti mengadakan perpustakaan keliling salah satu nya.

“Dan kami sadar karena semakin canggihnya perkembangan jaman kebiasaan gemar membaca buku sudah banyak ditinggalkan. Namun kita juga selalu mengikuti perkembangan jaman dengan meningkatkan layanan perpustakaan dengan digitalisasi,” tandas Halimah.

Halimah juga berharap, dengan memberikan sumbangan buku untuk perahu kertas bisa berguna bagi masyarakat yang membutuhkan sekaligus menjadi hiburan bagi pengunjung di Taman Sahabat.(S.Hadi.K)
Komentar

Tampilkan

Terkini