Bupati Lombok Barat Himbau Kades Aktifkan Siskamling

, Monday, February 24, 2020 WIB Last Updated 2020-02-24T12:23:10Z
Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid Sedang Memegang Barang Bukti Senjata Rakitan, Saat Konferensi Pers di Mapolres Lombok Barat, Senin (24/2).
Lombok Barat (postkotantb.com)- Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengimbau kepala desa di Lombok Barat untuk mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), guna mencegah terjadinya gangguan keamanan seperti pencurian disertai kekerasan.

"Kasus pencurian dan kekerasan ini harus kita tekan bersama, oleh karena itu saya menghimbau kepada para kepala desa di Lombok Barat agar menghidupkan Siskamling," Ujar H. Fauzan Khalid saat menghadiri kegiatan konferensi pers "Hasil Operasi Jaran Gatarin 2020" di Mapolres Lombok Barat, Senin (24/2).

Fauzan Khalid mengatakan, pengaktifan siskamling merupakan upaya swadaya masyarakat dalam menjaga lingkungan masing-masing, yang akan sangat membantu tugas aparat dalam menjaga Kamtibmas.

Lanjut Fauzan, kepala desa melalui ketua RT dan RW diminta dapat mengatur masyarakatnya dengan cara menjadwal ronda setiap malamnya, sehingga Siskamling yang sudah dibuat poskonya ada penjagaan setiap malamnya.

"Secara bergantian sesuai jadwal warga masyarakat dapat menjaga atau melakukan ronda di lingkungannya masing-masing," kata Mantan Ketua KPU NTB ini.

Menurut Fauzan, cara yang efektif untuk mencegah kejahatan adalah meningkatkan pengawasan oleh masyarakat sendiri, mulai dari lingkungan masing-masing.

"Kalau masyarakat hanya mengandalkan aparat kepolisian dalam menjaga kamtibmas, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Karena jumlah warga tidak seimbang dengan jumlah personel polisi," ujarnya.

Selain itu, pentingnya menghidupkan Siskamling saat ini tidak lain untuk mempersempit pergerakan pelaku kejahatan yang sering beraksi di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

"Kami berharap seluruh pihak termasuk penegak hukum dan masyarakat dapat bekerja sama, dalam meningkatkan kamtibmas," katanya.

Fauzan Khalid juga mengapresiasi Polres Lombok Barat, yang telah melakukan upaya penekanan terhadap tindak kejahatan pencurian dan kekerasan yang terjadi diwilayah Lombok Barat.

"Saya mengapresiasi kinerja teman-teman Polres, yang telah berupaya menindak kejahatan di wilayah Lombok Barat. Untuk menindaklanjuti siskamling ini, kami akan berkoordinasi dengan Polres Lombok Barat dulu," Pungkas Fauzan. (Eka)

Komentar

Tampilkan

Terkini