-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kekurangan Air Bersih Masyarakat Selatan Mulai Teratasi

    , Friday, February 21, 2020 WIB Last Updated 2020-02-21T05:47:44Z

    Lombok Timur (poskotantb.com) - Janji politik pasangan HM. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi (SUKMA) selaku Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat bagian selatan Lombok Timur sejak 2019 hingga 2020 sudah mulai terpenuhi melalui program Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara bertahap.

    Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Makripatullah, MT mengatakan, pemerintah Lombok Timur saat ini terus melakukan upaya maksimal agar semua masyarakat Lombok Timur bagian selatan bisa menikmati air bersih dengan menggelontontorkan berbagai program seperti pembangunan sumur bor dan memaksimalkan penggunaan sumur Tutuk.

    "Mengatasi masalah kekurangan air bersih dalam jangka waktu pendek, kami bagian Cipta Karya membuat sumur bor, karena di bagian selatan Lombok Timur tidak ditemukan sumber air baku," terang Makrip dalam keterangan persnya, Kamis (20/02) di Selong.

    Ditegaskan, untuk sumur Tutuk Jerowaru dengan anggaran Rp3,9 miliar tahun 2019 saat ini sedang dilakukan uji fungsi kelayakan untuk disalurkan ke rumah warga yang tersebar di 6 desa.

    "Khusus untuk sumur Tutuk, pada hari ini dilakukan uji fungsi sampai dengan hari minggu yang akan disalurkan ke 6 desa yakni Paremas, Pemongkong, Sekaroh, Seriwe, Sungkun, dan Ekas Buana. Tapi untuk Paremas dan Pemongkong sudah jadi penggan PDAM. Dan untuk penambahan debet air sumur Tutuk, kami buat sumur bor di Dusun Gon dengan anggaran Rp1 miliar," ujarnya.

    Pada tahun 2020 kata Makrip, Bidang Cipta Karya mengalokasikan dana sebesar Rp 25 miliar untuk sarana air bersih. Dari jumlah itu, sebanyak 75 persen dialoksikan ke wilayah selatan karena masyarakat bagian selatan sangat membutuhkan air bersih melalui pembuatan sumur bor.

    "Tahun 2020 ini, sebanyak 27 paket sumur bor yang tersebar di beberapa desa bagian selatan dan 8 paket untuk air baku. Selain wilayah selatan kami juga salurkan di wilayah yang membutuhkan. Hal ini sesuai dengan usulan dari masyarakat seperti di Pesanggerahan, Lenek, Suela, Labuhan Lombok dan lainnya," ujarnya. (Hans)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini