Bertambah 15 Kasus Baru, Kasus Covid-19 di NTB Lewati Bali

Tabel kasus covid-19 di seluruh provinsi di Indonesia hingga hari Minggu (26/4)

Mataram (postkotantb.com)- Hingga hari Minggu 26 April 2020, kasus covid-19 di Nusa Tenggara Barat masih terus merangkak naik. Data terbaru dari 105 sampel swab yang telah dilakukan pemeriksaan menunjukan hasil 82 sampel negatif, 8 (delapan) sampel ulangan positif dan 15 sampel kasus baru.

Dengan bertambahnya 15 kasus baru tersebut total kasus covid-19 di NTB mencapai 195 kasus. Dengan jumlah tersebut NTB melewati jumlah kasus positif covid-19 di Bali dengan 186 kasus. Bali hari ini mencatat penambahan tiga kasus baru.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB HL. Gita Aryadi menghimbau agar seluruh masyarakat untuk terus menjaga kedisiplinan dan kewaspadaan terhadap penyebaran wabah Covid-19. Berdasarkan pantauan, lanjutnya masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokol pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.


"Kegiatan jual beli di sejumlah pasar tradisional, rumah makan/lesehan, pusat-pusat perbelanjaan serta pedagang asongan disepanjang jalan dalam Bulan Suci Ramadhan ini terpantau masih banyak warga yang tidak menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing," urai Gita.

Ia juga menyoroti kerumunan masyarakat terutama anak-anak muda menjelang berbuka puasa, menggunakan sepeda motor tanpa helm dan masker.

Sehubungan dengan hal tersebut Gita meminta kepada Bupati/Walikota agar melakukan pengawasan dan penertiban secara tegas, dengan mempedomani Surat Edaran Gubernur Nomor 551/635/DISHUB/I Tanggal 24 April 2020 Tentang Pengendalian Transportasi serta Surat Edaran Gubernur Nomor 19/160/Pol-Pol/2020 Tentang Himbauan Untuk Menjaga Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Pada Bulan Suci Ramadhan 1441 H Tahun 2020.(RZ)