Bukan Empat, Ternyata Terdapat Tujuh Klaster Penyebaran Covid-19 di NTB

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah mengatakan terdapat tujuh klaster penyevaran covid-19 di NTB

Mataram (postkotantb.com)- Petugas Kesehatan mengidentifikasi 7 (tujuh) klaster sumber penyebaran Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun tujuh klaster tersebut adalah Klaster Gowa, Klaster Bogor, Klaster Jakarta, Klaster Sukabumi, Klaster Bali, Klaster Luar Negeri/ kapal pesiar dan Klaster transmisi lokal.


Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dalam rilis yang di terima media ini mengatakan dari seluruh klaster tersebut, Klaster Gowa mencatat kasus positif paling banyak yakni sebanyak 10 kasus positif Covid-19. Jumlah ini berpotensi bertambah, karena dari 750 orang warga NTB yang pulang dari kegiatan di Gowa Sulawesi Selatan, sebanyak 369 orang telah dilakukan pemeriksaan melalui rapid test, dengan hasil 16,5% menunjukkan reaktif sedangkan 83,5% non reaktif.

"Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang valid akan diuji sampel swab pada laboratorium Biomedik RSUD Provinsi NTB dan Laboratorium pada Rumah Sakit Unram," jelasnya.

Untuk menghindari penularan lebih luas, gubernur meminta kepada semua warga yang pulang dari daerah terjangkit, khususnya untuk warga yang pulang dari Klaster Gowa, diminta tetap disiplin melaksanakan isolasi diri, terus meningkatkan kesadaran untuk menjaga keselamatan diri, keluarga dan masyarakat luas. Jujur memberikan informasi dan melaporkan diri kepada petugas medis.

"Yang baru datang dari daerah pandemi atau dari salah satu klaster agar mematuhi SOP melakukan isolasi mandiri, ini semua demi keselamatan diri, keluarga dan masyarakat lainnya," himbau gubernur.(RZ)