Breaking News

Satu Orang PDP di KLU Meninggal



Lombok Utara (postkotantb.com)- Dalam rangka pencegahan dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Lombok Utara, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KLU, sepekan sebelumnya telah melaksanakan berbagai kegiatan.
Koordinator Bidang Kehumasan/Juru Bicara Covid-19 KLU Evi Winarni, M.Si
memaparkan kegiatan berkala diantaranya, telah dilaksanakan penyuluhan tentang penyebaran pandemi Covid-19, penertiban penataan jarak lapak antarpedagang di Pasar Tanjung, dan Pasar Pemenang, pada tanggal 30 Juni - 6 Juli 2020.

"Pada tanggal 30 Juni – 6 Juli 2020, telah dilaksanakan kontrol Pelabuhan Bangsal terkait keluar masuknya masyarakat lokal maupun wisatawan asing yang menyeberang ke 3 Gili, pengecekan suhu tubuh sekaligus memberikan imbauan agar tetap menjaga kesehatan dan menggunakan masker. Pada tanggal 1 Juli dan 3 Juli 2020, telah dilaksanakan penyemprotan disinfektan di Pasar Pasar Hewan Telotok, Pasar Batu Keruk, Anyar Bayan, dan Pasar Ancak," terang Evi melalui media ini, Selasa (7/7).

Dikatakannya, kini Penanganan dan Pelayanan medis bagi pasien Covid-19 difokuskan di RSUD KLU.

"Pada tanggal 6 Juli 2020, 1 (satu) orang PDP dengan hasil RDT reaktif, a.n Ny “S” (39 th) alamat Kecamatan Tanjung, meninggal dunia. Hingga hari ini hasil Swab almarhum belum keluar, sedangkan pemakaman pemulasaran telah dilaksanakan menggunakan protokol Covid-19," ujarnya.

Ditambahkan Evi, saat ini RSUD KLU sedang merawat 1 pasien suspect corona berkategori PDP. Jumlah yang sudah di lakukan RDT sebanyak 3336 orang. Dengan hasil reaktif sebanyak 180 orang, dan non reaktif sebanyak 3156 orang. Total RDT sejumlah 7510 set, dan saat ini ketersediaan RDT di Dinas Kesehatan masih tersisa sejumlah 4174 set. (pertanggal 6 Juli 2020).

"Perkembangan penanganan Covid-19 pertanggal 7 Juli 2020 di KLU :
- ODP (Orang Dalam Pemantauan) : 6 orang (isolasi mandiri).
- OTG (Orang Tanpa Gejala) : 29 orang (isolasi mandiri).
- PDP (Pasien Dalam Pengawasan) : 1 orang (dirawat di RSUD KLU)
- Positif : 46 orang.
- Sembuh : 45 orang.
- Masih dalam perawatan medis positif corona : tidak ada.
- Meninggal : 1 orang," rincinya.

Disampaikan pula bahwa sesuai perkembangan Covid-19 di Lombok Utara, meski  keadaan sudah mulai relatif pulih, diserukan untuk tetap jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan gunakan masker.

"Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi bagi kemanusiaan. Bersama mencegah Covid-19 di KLU dengan bekerja tangguh profesional untuk kemanusiaan. Mari cegah penyakitnya, tidak mengucilkan penderitanya," tandasnya.(Eka)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close