Breaking News

YSTC Terus Dorong Program PAUD HI di KLU



Lombok Utara (postkotantb.com)- Yayasan Save The Children atau Sayangi Tunas Cilik (YSTC) terus mendorong Kabupaten Lombok Utara (KLU) sebagai salah satu tempat Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) se-Indonesia, meski di tengah pandemi covid-19.
Project Manager YSTC Harun Anggo, mengatakan, optimisme YSTC dalam membantu Lombok Utara mengembangkan PAUD HI sangat tinggi; mengingat semangat dari OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dikpora, Dukcapil, Kementerian Agama, dan lainnya, menunjukkan antusiasme dan juga semangat yang tinggi untuk menyukseskan PAUD HI di KLU ini.

“Save the children memiliki komitmen  yang tinggi terhadap penyelenggaraan program ini di KLU. Tentunya komitmen ini harus kami tunjukkan. Optimisme kami juga kuat, karena kami memiliki pengalaman di banyak tempat” ujar Harun usai rapat Evaluasi Program Kerja Gugus Tugas PAUD HI, di Aula Bupati, di Tanjung, Rabu (08/07).

Lebih jauh ia mengklaim, program PAUD HI di Lombok Utara sendiri sudah mencapai lebih dari 50%, mengingat masing-masing OPD terlibat fokus untuk dalam menyelenggarakan program.

“Sebenarnya para OPD terkait sudah bisa melakukan aksi-aksinya, hanya saja tiba-tiba kita dihadapkan dengan pandemic covid-19 ini. Nah hari ini, kami melakukan rapat evaluasi, guna melihat apakah program di OPD tersebut diadaptasikan dengan situasi covid-19 ini, ataukah dihilangkan atau ditunda. Dari hasil laporan tadi, ada dua hal yang dilakukan oleh masing-masing OPD yakni mengadaptasikan dan menunda program tersebut.” Jelasnya.

“Untuk capaian program sendiri, bisa bilang itu sudah lebih dari 50 sampai 60%, melihat masing-masing OPD sendiri sudah fokus ke perencanaan program, hanya saja eksekusi lapangan yang tertunda” sambung dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara, H.Suardi MH., mengatakan, PAUD HI di Lombok Utara ditujukkan agar anak-anak di Lombok Utara tumbuh dan berkembang dengan baik. Dimana, program-program untuk pengembangannya sendiri sudah lama tersusun, namun karena pandemic covid-19, disayangkan harus tertunda.

“Sebelum-sebelumnya sudah terencana, namun karena covid-19, apa yang direncanakan tidak bisa terlaksana. Namun, karena sekarang kondisi sudah membaik, ya sekarang ini dilakukan rapat evaluasi untuk selanjutnya akan dilaksanakan kembali” paparnya.

Senada dengan Sekda, Asisten I Setda Lombok Utara, Kawit Sasmita SH., mengatakan, dalam kondisi covid-19 ini memang semua program terganggu, namun saat ini kondisi sudah mulai normal sehingga diharapkan program ini bisa terlaksana sesuai harapan.

“Ini adalah aksi bersama, jadi bukan program dari satu instansi, tapi seluruh stakeholder. Tentu program ini menjadi bagian dari kita semua, khususnya Bappeda untuk menyesuaikan kembali dengan situasi covid-19 ini.” Pungkasnya. (Eka)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close