Breaking News

Ditlantas Polda NTB Juara Satu IRSMS Korlantas Polri

Ditlantas Polda NTB meraih juara satu IRSMS Korlantas Polri
Mataram (postkotantb.com)- Korlantas Polri mempunyai sistem informasi modern bernama IRSMS (Integrated Road Safety Management System). Program hasil kerja sama dengan Bank Dunia ini untuk mendapatkan informasi kejadian kecelakaan lalu lintas yang spesifik dan akurat dari seluruh Indonesia.

Program ini berkaitan dan terintegrasi. Tapi untuk pemangku kepentingan yang lain (PU, Kemenhub, Bappenas) untuk saling mengisi informasi. Masyarakat sendiri tentunya sudah web base, ini juga nantinya bisa diakses masyarakat.

Setiap tahun, Korlantas Polri mengadakan lomba yang diikuti oleh  Ditlantas dan Satlantas Polres seluruh Polda berupa lomba pendataan IRSMS. Untuk periode 2019, Ditlantas Polda NTB mendapatkan juara l (Pertama) untuk Polda Tipe B. Dalam Kepkorlantas Nomor 147/VIII/2020, disusul Ditlantas Polda Kaltim dan Kalsel diurutan dua dan tiga.

Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.I.K menanggapi keberhasilan tersebut merasa bersyukur. " Alhamdulillah atas kerjasama yang baik yang telah dilaksanakan antara Polda dan Polres jajaran khususnya Ditlantas dan satlantas Res" jelas Dirlantas pada Selasa (25/8) di Mataram.

"Bahwa penghargaan ini  sebagai wujud prestasi dan sinergitas semua elemen yang terlibat, juga perlu diketahui bahwa pendataan IRSMS yang tepat waktu dan lengkap pengisian datanya yang valid dan obyektif membantu dalam menganalisis dan menentukan anatomi kecelakaan yang selanjutnya dapat dilakukan pengidentifikasian masalah penyebab lakalantas untuk mencari solusi dan penentuan Cara bertindak dan Target mulai dari jangka pendek sampai dengan jangka panjang " tambah Kombes Pol Noviar.

Masih menurut Dirlantas, data yang akurat terkait IRSMS adalah menentukan tepatnya program pencegahan terjadinya kecelakaan."Muaranya adalah menurun dan terkendalinya kasus kecelakaan dan fatalitas korbannya. Sehingga menurun resiko kematian atau luka berat akibat korban kecelakaan lalulintas di jajaran Polda NTB" tutup Kombes Pol Noviar.

Prestasi tersebut mendapat apresiasi dari PT Jasa Raharja dengan memberikan hadiah umroh kepada Operator IRSMS Ditlantas Polda NTB.(RZ)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close