Gelar Deklarasi, Masyarakat Sumbawa Komitmen Pertahankan Lima Pilar STBM

Acara deklarasi sekaligus penandatangan Komitmen STBM di Kantor Camat Sumbawa, Kamis (17/12)

Sumbawa (postkotantb.com)- Setelah melalui serangkaian kegiatan dan verifikasi, Pemerintah Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa menggelar deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 


Acara yang digelar Kamis (17/12), turut dihadiri  Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, H. Didi Darsani,Apt., Muspika Kecamatan Sumbawa, Kepala Unit Puskesmas  Sumbawa I, Kartiawan, SKM,MPT., Pemerintah Kelurahan, Puskesmas Kerato, Lintas Sektor,  Natural Leader dan kader kesehatan Kecamatan Sumbawa.


"Kegiatan deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan momentum penting dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat,"ungkap Camat Sumbawa, Hikmawan, SH, M. Si., di acara tersebut.


Kata dia, perilaku demikian harus di mulai dari diri sendiri, keluarga dan komunitas, sehingga terbentuk masyarakat Indonesia yang mandiri untuk hidup sehat. Kegiatan ini dirangkai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Warga sumbawa diwakili lurah masing masing untuk Menjaga Kondisi STBM  lima pilar.



Bupati Sumbawa dalam sambutan yang dibacakan Oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Drs. H.Didi Darsani, A..Pt, mengatakan kegiatan deklarasi ini menjadi bukti pelaksanaan  upaya promotif dan preventif agar ke depan menjadi prioritas program kabupaten kota juga provinsi tanpa meninggalkan upaya-upaya kuratif serta rehabilitatif.


"Momen ini juga sebagai titik awal percepatan peningkatan perilaku higienis dan akses terhadap air minum serta sanitasi yang layak bagi masyarakat yang kurang mampu di Propinsi NTB, khususnya Kabupaten Sumbawa,"katanya.


Dalam kesempatan ini, bupati sampaiakan apresiasi kepada masyarakat Kecamatan Sumbawa , khususnya masyarakat yang sudah mengimplementasikan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Bupati berharap agar desa-desa lainnya ikut mengimplementasikan STBM di wilayah masing-masing.


”Jadi saya sangat harapkan kegiatan deklarasi STBM hari ini dapat diikuti desa lain, khusus dalam mengimplementasikan 5 pilar STBM di wilayahnya,”tutup bupati.(shk)