HL. Arabiah Meninggal, HL Wiraksa Dilantik Sebagai Pengganti

NASDEM: Pelantikan Politisi Partai Nasdem, HL. Wiraksa sebagai anggota DPRD Loteng, Senin (21/12).

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Beberapa bulan lalu, HL. Arabiah politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Kecamatan Praya Timur Pujut Lombok Tengah (Loteng), meninggal. 


Meninggalnya politisi Nasdem tersebut, sehingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Loteng,  melaksanakan rapat Paripurna untuk melantik anggota DPRD Loteng, melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW). Dengan sisa masa jabatan tahun 2019-2024 di ruang rapat utama DPRD Loteng.


Pengambilan sumpah dan janji PAW HL. Wiraksa dipimpin langsung Ketua DPRD Loteng, M. Tauhid, Senin (21/12).


Dalam sambutannya, ketua DPRD Loteng M. Tauhid mengatakan, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Proses pergantian dengan mekanisme PAW, ketika salah seorang anggota dewan yang lowong, dan lebihnya lagi anggota tersebut meninggal dunia, sehingga diperlukan pengangkatan anggota baru, untuk mengisi jabatan yang lowong.


"Pengangkatan anggota dewan yang baru, ini kita lakukan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," katanya.


Dalam pergantian ini, Ia berharap agar anggota yang dilantik (HL. Wiraksa) untuk lebih cepat melakukan adaptasi, baik dengan lingkungan setempat ataupun dengan sesama anggota, agar segala tugas yang dibebankan kepada anggota tersebut, bisa dilaksanakan dengan sebaik baiknya.


"Sumpah dan amanah rakyat harus segera dilaksanakan, sehingga dilakukan pelantikan. Selain itu agar anggota yang di Lantik agar sesegera mungkin bisa beradaptasi dengan fraksi-fraksi yang lain," ungkapnya.


Selanjutnya, kepada anggota yang baru pihaknya menyampaikan selamat datang dan selamat melaksanakan tugas. Semoga amanah masyarakat Loteng ini, bisa kita laksanakan, sehingga nantinya itu bagian dari amal ibadah.


Sementara itu, Wakil Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri menyampaikan ucapan selamat kepada HL. Wiraksa, sebagai anggota dewan yang baru.


"Atas nama pemda Loteng mengucapkan selamat datang kepada HL. Wiraksa sebagai anggota dewan Loteng," katanya.


HL. Wiraksa Berfoto bersama keluarga besar usai acara pelantikan.


Dikatakan, secara kasat mata pihaknya telah mengenal beliau, dimana sosok beliau ini adalah salah satu putra terbaik Loteng. Sehingga pihaknya Oftimis dalam melaksanakan tugas barunya ini, tentunya beliau sudah tahunapa yang harus beliau lakukan, dalam memberikan yang terbaik bagi Loteng pada umumnya dan khususnya di dapil 3.


"Secara pribadi saya kenal baik dengan kanda HL. Wiraksa, dan saya sangat yakin beliau mampu melaksanakan amanah yang diberikan kepadanya, khususnya masyarakat di dapil beliau sendiri," yakinnya.


Masalah kondisi pembangunan di Loteng lanjut Bupati terpilih ini, sumbang sih dan pemikiran beliau amat diharapkan, lebihnya lagi hubungan komunikasi antara eksekutif dan legislatif sudah terbina dengan baik.


"Hubungan eksekutif dengan legislatif dalam membangun Loteng sudah baik, dan hadirnya beliau insyaallah ide ide cemerlang untuk kemajuan Loteng insyaallah sangat diharapkan," harapnya.


Ditambahkan, karena beliau masih baru, pihaknya juga berharap untuk segera melakukan adaptasi, baik dengan tugas baru, lingkungan dan anggota dimasing-masing praksi, sehingga roda perekonomian Loteng segera pulih, setelah dilanda musibah Pandemi Covid-19. 


Sementara itu Kepala Desa Rembitan Kecamatan Pujut Loteng Minaksa berharap dengan dilantiknya HL. Wiraksa sebagai anggota DPRD Loteng, mampu membawa amanah masyarakat, Khususnya di Kecamatan Pujut dan Praya Timur.


"Saya atas nama adik kandung beliau dan pemerintah desa Rembitan, berharap semoga beliau amanah dalam melaksanakan tugas dan membawa perubahan, khususnya bagi dapil 3 dan umumnya Loteng,".


Dikatakan,  sebagai anggota baru pihaknya amat meyakini beliau akan membawa angin segar untuk kemajuan Loteng pada umumnya. Pasalnya disamping dikenal dekat, dengan bisik pendidikannya insyaallah, ide ide cemerlang untuk kemajuan bersama, insyaallah akan beliau pergunakan dengan sebaik baiknya, untuk kemaslahatan orang banyak. (**/ap)