Polres Lobar Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2020

Polres Lombok Barat menggelar Apel Gelar Pasukan pemantapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020.

Lombok Barat (postkotantb.com) - Sinergi dalam pemantapan Kesiapan Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Lombok Barat (Lobar) laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Rinjani 2020. Apel kesiapan ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Lombok Barat, Senin (21/12).


“Kegiatan Apel Gelar pasukan ini sekaligus swbagai bentuk Sinergi Kita dalam kesiapan Pelaksanaan Operasi Lilin Rinjani 2020,”ungkapnya.


Selain gelar pasukan, Polres Lobar menggelar sarana dan prasarana pendukung dalam Operasi Lilin Rinjani di Wilayah Hukum Polres Lobar. Lebih lanjut, dalam pelaksanaan Operasi Lilin Rinjani 2020, Polres Lobar rencana menyusun rencana penempatan dua pos pam dan satu posyan.


"Kami sudah menempatkan dua pos pam dan satu posyan,”bebernya.


Kapolres menyebut, ada beberapa perubahan posisi pospam, berdasarkan pertimbangan dan penyesuaian perkembangan situasi saat ini. Selain itu, Polres Lobar melibatkan seratus personel dan dalam pelaksanaan pemberian pelayanan ke masyarakat  Polres Lobar akan bersinergi dengan pihak-pihak terkait. Antara lain, TNI, Pol-PP, BPBD, Senkom, Basarnas, Damkar serta termasuk kelompok-kelompok Masyarakat yang lain.



Sebaliknya, kata Kapolres, diprediksi akan ada peningkatan eskalasi di masyarakat menjelang natal dan tahun baru. Karenanya tegas Kapolres, TNI Polri Siap menjaga atau mengawal kebijakan Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan masyarakat serta mewaspadai kondisi Pandemi dan bencana alam.


"Termasuk kegiatan masyarakat dalam menerapkan protocol covid-19,”tegasnya.


Sementara itu, Dandim 1606/Lobar Kol Arm. Gunawan S.Sos,MT mengungkapkan, TNI khususnya berkaitan dengan pengamanan Tahun Baru telah berkoordinasi secara intens.


"Koordinasi telah dilakukan. Sinergikan semua kekuatan yang kita miliki, termasuk memberdayakan seluruh komponen Masyarakat yang terlibat,” ungkapnya.


Menurutnya, pada situasi akhir tahun ini, banyak kerawanan yang diwaspadai seperti bencana alam, Pandemi Covid-19 dan keamanan pada tempat-tempat wisata. Dia berharap, seluruh pihak yang terlibat dapat bersinergi melaksanakan pengamanan, sesuai dengan perannya masing-masing.


"Bersinergi untuk melaksanakan ini sebaik-baiknya untuk menjamin pelaksanaan pengamanan ini berjalan lancar dan aman,”pungkasnya.(Ali)