Ratusan Rumah di Desa Bugis Kota Bima Terendam Banjir

Akibat curah hujan yang tinggi ratusan rumah di Desa Bugis Kota Bima terendam banjir

Kota Bima (postkotantb.com)- Sejumlah dusun di Desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Rabu (06/01) sore hingga malam kemarin diterjang banjir. Akibatnya ratusan rumah warga tergenang hingga warga terpaksa mengevakuasi barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.


Kapolres Bima Kota Melalui Kasubag Humas Ipda Ridwan mengatakan sejumlah dusun yang paling parah terendam banjir diantaranya Dusun Bajo Sarae dan Dusun Gusung Desa Bugis.


“Banjir mulai melanda sekitar pukul 17.55 WITA, utamanya di RT 12, 13 sampai RT 15 Dusun Gusung. Banjir ini juga akibat meluapnya air sungai Jangka Sape,” tutur Ridwan kepada wartawan Rabu (06/01) malam.


Ketinggian banjir yang menggenangi perumahan warga tersebut lanjut Ridwan hingga mencapai lutut orang dewasa. Tak pelak sebagian warga harus mengevakuasi barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.



Bhabinkamtibmas Desa Bugis Aipda Jainal Arifin terus menghimbau kepada warga sekitar untuk tetap tenang dan ikut membantu warga binaannya yang melakukan evakuasi barang-barangnya.


Setelah air bah menggenangi rumah warga hingga beberapa jam lamanya, sekitar pukul 21.25 WITA, sejumlah lokasi yang tergenang mulai surut. Warga pun bebernya langsung membersihan lumpur di dalam rumah mereka masing-masing.


“Alhamdulillah akibat banjir ini tidak ada menimbulkan korban jiwa. Pemukiman warga yang tergenang banjir juga tidak sampai rusak,” urainya.


Ridwan menyebutkan banjir ini merupakan selain curah hujan yang tinggi juga meluapnya air sungai Jangka Sape.


“Juga akibat meningkatnya curah hujan di wilayah Wawo dan Desa Sari serta meluapnya air Sungai Jangka Sape,” tutupnya.(RZ)