Tiga Hari Pesiar, Bendera Pataka Finis di KUA Praya

Rangkaian Kegiatan Menyambut HAB Kemenag RI ke 75 

PATAKA: tiga hari diarak keliling Loteng, akhirnya sampai di KUA Praya.


Lombok Tengah (Postkotantb.com) - Setelah tiga hari di arak keliling serta mengunjungi Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Kamis kemarin, akhirnya sampai digaris finis, yakni KUA Praya, Kecamatan Praya, Loteng.


Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, H. Zamroni Aziz mengatakan, kegiatan ini adalah  bagian dari beberapa rangkaian acara dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag RI ke 75.


"Jadi banyak kegiatan yang kita lakukan jelang acara puncak HAB kemenang ke 75, termasuk membawa bendera pataka kemenag keliling Loteng, selama empat hari," tuturnya di kantor KUA Praya.


Sebelumnya kata Zamroni, arak arakan bendera pataka dilepas langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag NTB Dr H. Zaidi Abdad, yang berpusat di KUA Batukliang Loteng. Selanjutnya di arak keliling Loteng, hingga hari ini, adalah finis akhir di KUA Praya.


"Setiap hari terhitung dari Senin lalu, bendera pataka dibawa keliling dan perhari ada tiga KUA dijenguk oleh bendera kebanggaan kemenag," ulangnya.


Lebih lanjut, dalam menyambut HAB pihaknya melaksanakan banyak program yang meliputi kegiatan sambang Masjid, sambang Ponpes dan bhakti sosial anggota DWP Kemenag Loteng serta kegiatan lainnya.



"Yang jelas program yang kita ambil, bernuansa religi dan sosial," imbuhnya.


Di sisi lain, kegiatan ini diakui dia, bukan kali ini saja dilaksanakan. Pihaknya yakin, hal yang sama juga terlaksana pada peringatan HAB sebelumnya. Rangkaian kegiatan ini bertujuan mendekatkan diri kepada masyarakat, sekaligus sebagai upaya menjaga hubungan yang sudah terbina dengan pemerintah daerah Loteng. 


"Perayaan HAB ini, adalah kali pertama semenjak menjabat sebagai kanmenang Loteng dan kami yakin apa yang dilakukan saat ini, adalah marwah atau peninggalan kepala terdahulu yang wajib kami pertahankan. Demi keharmonisan antara kemenag dengan Pemda, termasuk dengan masyarakat," jelasnya.


KUA Praya ini adalah finis dari kegiatan membawa bendera pataka kementerian agama. Kegiatan akan dilanjutkan pada puncak acara HAB tanggal 5 Januari tahun 2021 menuju Alun-Alun Tastura.


"Pada saat acara puncak yaitu Upacara Bendera dalam rangka Hari Amal bhakti kemenag ke 75 Tahun 2021, bendera ini kita inapkan sampai hari H, tanggal 5 Januari, tepatnya hari Selasa mendatang. Dan nanti akan dibawa dari KUA Praya menuju alun-alun Praya," tutupnya. (ap)