Melirik Gebrakan Perwira Peraih PIN Emas Kapolri 2019

Brigadir Lalu Multasa Marjan sosok polisi yang patut dijadikan contoh bagi polisi lainnya. Mulai dari tahun 2016, sukses meraih.....

Ciptakan Lingkungan Asri, Rela Jadi Pemulung Hasilnya Untuk Tempat Ibadah

Brigadir Lalu Multasa Marjan sosok polisi yang patut dijadikan contoh bagi polisi lainnya. Mulai dari tahun 2016, sukses meraih Kompolnas Award, tahun 2019 sukses raih penghargaan Pin Emas Kapolri.


Berikut pemaparan Postkotantb.com

SAPARUDDIN
LOMBOK TENGAH

BABINKAMTIBMAS nama Brigadir Lalu Multasa Marjan, dikalangan Babinkamtibmas se NTB pada umumnya dan se Indonesia pada umumnya, sudah tidak asing lagi.

Pasalnya semenjak bertugas sebagai babinkamtibmas di Desa Kawo Kecamatan Pujut Lombok Tengah tahun 2016 silam, sukses menggeser seluruh babinkamtibmas se NTB. Sehingga prajurit dari kalangan kepolisian ini, diutus Polda NTB, sebagai Wakil Polda NTB di Jakarta.

Dalam lomba Kamtibmas terbaik kala itu, ada 11 Polda se Indonesia yang lolos ke tingkat nasional, termasuk brigadir Lalu Multasa Marjan. Dalam lomba ini, memperebutkan piala Polri Kategori Kompolnas Award, dan brigadir Lalu Multasa Marjan, meraih Pringkat ke tiga dari 11 babinkamtibmas se Indonesia.

Tidak sampai di situ, tahun 2019 ketika bertugas di Polsek Praya Timur Lombok Tengah, kembali dia di tugaskan sebagai babinkamtibmas di Desa Marong Kecamatan Praya Timur. Di tempat ini, lagi lagi perwira ini, meraih juara satu Polda NTB.

Ditahun yang sama, mewakili NTB ke Jakarta, dalam Audisi 33 Bhabinkamtibmas se Indonesia Kategori Kapolri Cup, kali ini Brigadir Lalu Multasa Marjan, masuk dalam peringkat 10 dan meraih Penghargaan PIN EMAS Kapopri.

Kali ini Perwira kepolisian ini bertugas sebagai babinkamtibmas di Kelurahan Gerantung Kecamatan Praya Tengah Lombok Tengah. Di tempat ini, ia pun kembali menunjukkan jati diri sebagai perwira profesional, kali ini Brigadir Lalu Multasa Marjan, tak malu malu sebagai pemulung, dan hasilnya mengumpulkan sampah dan barang bekas itu, dia serahkan untuk pembangunan salah satu Masjid di Lingkungan  Lingkok kudung, letaknya di depan Kantor Lurah setempat.

Brigadir Lalu Multasa Marjan BABINKAMTIBMAS, Kelurahan Gerantung peraih PIN Emas Kapolri, sedang memungut sampah di sela sela melaksanakan tugas kenegaraan kemarin
Brigadir Lalu Multasa Marjan BABINKAMTIBMAS, Kelurahan Gerantung peraih PIN Emas Kapolri, sedang memungut sampah di sela sela melaksanakan tugas kenegaraan kemarin

"Besok Jum'at hasil memulung ini akan saya jual, dan nantinya itu akan saya serahkan ke panitia pembangunan masjid, untuk membeli semen," kata Brigadir Lalu Multasa Marjan, Rabu (03/02).

Untuk memudahkan hasil memulung, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan pengusaha rongsokan, di sekitar Lombok Tengah.

"Biasanya sekali seminggu saya minta datang untuk mengambil hasil memulung, dan hasilnya itu saya serahkan ke panitia pembangunan masjid," ulangnya.

Dikatakan, ada beberapa hal yang membuat dirinya terpanggil, kenapa pihaknya sambil melaksanakan tugas sambil mengumpulkan barang bekas. Pertama, pihaknya pernah singgah solat di masjid yang tak jauh dari kantor Lurah, setelah banyak ngobrol dengan panitia, sehingga pihaknya berinisiatif untuk membantu.

Dengan bekal bersahabat dengan salah seorang pengusaha rongsokan ditambah lagi banyak barang barang bekas tidak terurus di sekitar wilayah kerjanya, sehingga itu dikumpulkan dan diuangkan, dan hasilnya itulah yang pihaknya serahkan ke panitia pembangunan masjid.

Setelah lama ia geluti, sejumlah Kadus pun sempat bertanya dan Pihaknya jelaskan, di samping barang bekas ini bisa di uangkan, lingkungan pun lebih bersih dan asri serta dapat pahala dan menyehatkan. Sehingga sepakat untuk mengumpulkan barang bekas, sambil membersihkan lingkungan. (**)