Bersih dan Asri, Bupati Kagumi PKM Mujur

Bupati Loteng HL. Pathul Bahri saat sidak ke Puskesmas Mujur

Lombok Tengah (Poskotantb.com)- Bersih,  Nyaman dan Asri, Pukswamas Mujur Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah (Loteng), harus menjadi contoh Puskesmas yang lain di Loteng.

Demikian kata Bupati Loteng HL. Pathul Bahri, saat melakukan inspeksi mendadak di Puskesmas Mujur,. Jum'at (19/03).

Dikatakan, setelah pihaknya mengelilingi lingkungan Puskesmas, mulai dari halaman hingga beberapa sudut ruangan, pihaknya sangat kagum.  Dan bahkan untuk Lingkungan Puskesmas sendiri terlihat bersih, adem dan asri, sebab pihaknya melihat, pihak puskesmas telah membuatkan ruang terbuka hijau untuk masyarakat atau pengunjung yang ingin terapi. 

"Ternyata ada ruang terbuka hijau di dalam lingkungan Puskesmas, ada tempat terapi pula. Pasien ataupun penunggu pasien bisa terapi langsung dan saya sendiri sudah mencobanya. Saya benar benar kagum," ulangnya. 

Apa yang ia lihat lanjutnya, pihaknya berharap di beberapa Puskesmas lainnya juga ada seperti di Puskesmas Mujur ini. 

"Manajemen Puskesmas yang telah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Ini yang kita harapkan dan saya apresiasi.  Mulai pola puskesmas, ada Pramusada yang menyambut pengunjung puskesmas, bagus sudah, harus terus ditingkatkan" ungkapnya.

Usai melakukan Sidak ke Puskesmas, Bupati memantau langsung poging yang dilakukan puskesmas di dusun Sengkerang Kecamatan Praya Timur. Dusun ini terdapat sejumlah warga yang terkena DBD.

Dia berharap agar Puskesmas yang lain memberikan pelayanan yang sama seperti yang dilakukan puskesmas Mujur. "Saya akan datang ke puskesmas lainnya namun waktunya saya tidak akan tentukan, saya ingin melihat secara langsung model pelayanan yang diberikan" ujarnya.

Sementara itu, kepala UPTD Puskesmas Mujur dr. IGNP Wira Parranatta mengatakan, semua apa yang sudah ia lakukan bersama karyawan Puskesmas, itu semua dalam rangka mendukung langkah dan program Bupati, 100 hari Kerja.

"Sebelum program 100 hari kerja, kita sudah membuatkan ruang terbuka hijau, termasuk terapinya. Dan ini salah satu langkah mendukung 100 hari kerja Bupati dan wakil Bupati Loteng," paparnya. "Sekarang sudah ada satu petugas setiap hari sebagai Pramusada yakni petugas yang menjaga pintu masuk lalu menyambunya dengan ramah dan mengantarkan kepada tujuan" sambungnya. 

Informasi yang berhasil di himpun, orang nomor satu di Loteng ini tiba di Puskesmas Mujur sekitar jam 08.00 wita. Kedatangannya juga tak pernah diberitahu sebelumnya ke pihak puskesmas dan kedepan bapak Bupati juga qkan melakukan inspeksi yang sama, guna meninjau pelayanan di masing masing Puskesmas. (AP)