Breaking News

Wapres: Calon Pasangan Harus Lulus Kelas Konseling Pranikah

Wakil Presiden RI

Jakarta (postkotantb.com) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin ingin calon pasangan harus lulus kelas konseling pranikah untuk bisa melanjutkan hingga ke tahap pernikahan. Dalam konseling, bisa diajarkan hal-hal yang paling krusial dalam perkawinan.

"Misalnya tujuan perkawinan, hak dan kewajiban serta cara untuk saling memahami pasangan masing-masing, seluk-beluk kesehatan reproduksi dan persalinan, kesehatan ibu hamil dan anak, dan sebagainya. Bahkan apabila diperlukan, dibuat aturan bagi calon pasangan perkawinan harus lulus kelas konseling pranikah," ujarnya saat membuka acara Gerakan Nasional Pendewasaan Usia Perkawinan, secara virtual, Kamis (18/3).

Menurut dia, konseling pranikah menjadi sangat penting. Terutama setelah adanya temuan semakin tingginya kasus perceraian. Data dari Badilag Mahkamah Agung menyebutkan penyebab perceraian yang paling besar disebabkan faktor tidak harmonis. lalu diikuti karena tidak bertanggung jawab, kemudian faktor ekonomi, adanya pihak ketiga dan seterusnya.

"Dari semua kasus perceraian yang masuk di Badilag, terbesarnya merupakan kasus gugat cerai dari pihak perempuan, yaitu sebesar 70%. Data-data ini menggambarkan bahwa pengetahuan yang memadai calon pasangan perkawinan menjadi hal yang sangat mendasar," bebernya.

Sehingga, lanjut Ma'ruf, kebijakan yang diambil untuk meminimalkan kasus perceraian yang begitu tinggi, harus mengarah pada faktor hulu. Yaitu kesiapan mental dan pengetahuan calon mempelai untuk membangun keluarga.

Diakui dia, seringkali yang menjadi korban dalam perkawinan adalah perempuan dan anak-anak. Dalam perkawinan yang tidak sehat, kedudukan perempuan menjadi sangat lemah. sehingga tidak memiliki posisi tawar dalam mengelola keluarga.

Perempuan, karena umumnya tergantung secara ekonomi, tidak memiliki kesempatan terbaik untuk menyediakan gizi bagi keluarga dan anak-anaknya. Dalam contoh yang ekstrem, pengeluaran keluarga justru lebih banyak dihabiskan untuk rokok, ketimbang untuk membeli makanan bergizi ataupun membiayai pendidikan.

"Oleh karena itu, peran pendidikan menjadi kunci untuk membangun kemampuan dan kematangan individu. Kita harus dapat membangun lingkungan di mana anak-anak kita mampu menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Khusus untuk kaum perempuan pendidikan yang baik akan memberikan kemampuan dan posisi tawar yang lebih besar dalam rumah tangga," pungkasnya. (SFM)

 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close