Desa Pejanggik, Desa Pertama Divaksin Di Praya Tengah

Kepala Desa Pejanggik H. Ahmad Nusilah saat divaksin di balai desa setempat kemarin

Lombok Tengah (Poskotantb.com) -  Kecamatan Praya Tengah Lombok Tengah (Loteng) masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Batunyala Desa Batunyala Kecamatan Praya Tengah Loteng. Desa Pejanggik melakukan vaksinasi.

Kepala Puskesmas Batunyala Kecamatan Praya Tengah Loteng Saparuddin S. Kep mengatakan, vaksinasi yang dilakukan di Desa Pejanggik, khusus di tingkat desa di wilayah kerjanya, adalah desa pertama tempat dilakukannya vaksinasi.

"Kan wilayah kerja Puskesmas Batunyala ada enam, yakni Desa Batunyala, Lajut, Kelebuh dan Desa Pejanggik, serta satu Lurah, yakni Kelurahan Sasake. Untuk jadwal vaksinasi ditingkat Lurah dan Desa, kita mulaikan dari Desa Pejanggik Kecamatan Praya Tengah Loteng, dan wilayah lainnya menyusul," terangnya, Rabu (31/03).

Dalam vaksinasi ini, pihaknya bersama 7 orang tim medis terdiri dari dokter, perawat, Prokes dan survelen, sehingga berjumlah 7 orang.  Selanjutnya, jumlah yang akan divaksin sebanyak 148, terdiri dari Kades, Sekdes, Kadus, anggota BKD, PKK, BPD, Tokoh Agama (Toga) Tokoh Masyarakat (Toma), para pemuda yang masuk dalam Karang Taruna (KT) dan marbot.

Dikatakan, sebelum pihaknya datang bersama tim medis, antusias masyarakat khususnya perangkat desa, sudah banyak menyamun di kantor desa. Dan ini membuktikan bahwa masyarakat sudah menyadari kalau vaksin ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

"Alhamdulillah, belum kami datang di balai desa sudah banyak yang menunggu. Terimakasih pak kades yang telah mensosialisasikan nke masyarakat, kalau vaksinasi itu penting bagi kesehatan, lebihnya lagi ditengah Covid-19," ujarnya.

Menganai jumlah orang yang divaksin Ahmad Nusilah menyatakan belum bisa disimpulkan berapa orang yang sudah divaksin, namun ia memastikan semua orang yang hadir di Puskesmas Batunyala sudah divaksini

"Yang sudah datang semua sudah divaksin, yang masih ditunggu ini kita belum bisa simpulkan," tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Pejanggik Kecamatan Praya Tengah Loteng H. Ahmad Nusilah mengaku, insyaallah semua masyarakat Desa Pejanggik taat aturan. 

Apalagi vaksin ini untuk kesehatan mereka. "Warga kami sadar hukum dik, jadi sekali kita sosialisasi mereka semua patuh," katanya.

Vaksin kali ini lanjutnya, dari 148 orang tersebut masing masing terdiri dari, dirinya, sekdes, semua kaur beserta anggota.

Selanjutnya Kepala Dusun (Kadus), sebanyak 14 kekadusan, kader posyandu masing masing kekadusan 5 orang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pemangku adat, karang taruna beserta anggota. PKK, BKD dan BPD. (AP)