Dikes dan TNI-Polri Dukung LPM  Sterilisasi Tempat Umum

STERILISASI: kegiatan sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan sasar sejumlah tempat umum di Maluk

 Sumbawa Barat (postkotantb.com)- Bupati Sumbawa Barat melalui Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten, beserta Polsek, Koramil berikut Karang Taruna dan seluruh tokoh masyarakat kecamatan Maluk, mendukung Lembaga Peduli Masyarakat (LPM) Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan program sterilisasi tempat-tempat umum.

"Kegiatan sterilisasi dapat menangkal penularan virus korona di pusat keramaian kecamatan Maluk, KSB. Sehingga bermanfaat bagi kesehatan masyarakat dan lingkungan yang bebas virus," ungkap kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Barat, H. Tuwuh,S.AP, Jumat (16/4).

Tak hanya dukungan. Demi memperlancar kegiatan Sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan, Dikes kabupaten setempat memberikan fasilitas berupa peralatan lengkap.

Sementara Kepala UPTD Puskesmas Maluk, Fahmi,S.KM, tampak antusias menyambut kegiatan sterilisasi lingkungan di kecamatan Maluk. Kendati demikian, dia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin dengan menyasar tempat-tempat ramu. Khususnya pasar dan tempat ibadah.

"Kegiatan ini, kiranya dapat dilaksanakan selama kasus covid-19 belum selesai," harapnya.

Kapolsek Maluk, AKP Sidik Pria Mursita,SH, mengimbau agar seluruh pihak senantiasa menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan, sebagai wujud dari tujuan Lomba Kampung Sehat Jilid 2, menuju tatanan baru.

Menurutnya, kegiatan sterilisasi tersebut, berdampak terhadap pemulihan ekonomi di masa pandemi.

"Karena sterilisasi ini, setiap pasar akan mengalami peningkatan pengunjung dan berdampak pada perputaran ekonomi. Sehingga dapat menekan tindakan kejahatan seperti pencurian, perampokan dan kriminal lainnya yang disebabkan oleh faktor kebutuhan ekonomi," jelasnya.

Senada disampaikan Danpos Ramil Maluk, PELDA Bambang Budianto. Dia mengusulkan agar penyemprotan disinfektan dilaksanakan juga di instansi yang ada di Kecamatan Maluk.

"Kegiatan ini bermanfaat untuk menjalin kekompakan antara TNI – POLRI dan masyarakat," ujarnya.

Sedangkan, Tokoh Adat sekaligus Ketua Lats, Junaidi Rayes,S.AP mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama sama mendukung kegiatan yang di lakukan LPM KSB.

"Karena covid -19 adalah tanggung jawab kita bersama," pungkasnya.(ERW)