Breaking News

Lombok Food Festival 2021, Hj. Niken Dorong Semangat Perempuan Berwirausaha

MOTIVASI: Ketua TP PKK NTB, saat membuka acara, memberikan motivasi demi mendorong semangat perempuan untuk berwirausaha

Mataram (postkotantb.com)- Dalam acara Lombok Food Festival 2021, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati, memberikan apresiasi atas festival yang digagas Lombok Womenpreneur Club (LWC).

Menurutnya, even tersebut merupakan wujud dari upaya promosi sekaligus memperkenalkan berbagai produk UMKM lokal buatan dan kreasi wanita-wanita entrepreneur agar dapat bersaing dan diserap oleh pasar lokal hingga nasional.

Dalam kesempatan itu, Hj. Niken mengingatkan tentang pentingnya peran semua pihak, demi mendorong kemajuan UMKM lokal. Sebab, menurut Hj Niken, saat ini UMKM menjadi salah satu sektor yang sangat diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di NTB. Terlebih di masa pandemi Covid-19.

‘’Maka, peran dan penguatan pelaku usaha untuk memperkenalkan dan menghasilkan produknya harus terus diberdayakan,’’ ungkapnya dalam membuka kegiatan Lombok Food Festival 2021, di Lombok Epicentrum Mall Lantai 2 Function Hall Mataram, Selasa (20/4).

Demikian juga dengan peran perempuan. Dia yakin dengan keberadaan Lombok Womenpreneur Club (LWC) sebagai wadah para pengusaha lokal yang terdiri dari wanita muda yang inovatif dan kreatif dapat, mengangkat citra UMKM lokal agar mampu berdaya saing.

Dia yakin, bila kelompok ibu muda yang tergabung dalam LCW ini dapat menciptakan produk seperti kuliner yang disukai konsumen dan dikenal karena memiliki cita rasa yang khas NTB.

‘’Kami akan terus mendukung langkah dan upaya yang dilakukan oleh UMKM lokal untuk mengangkat nama NTB,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan LWC, Indah Purwati menjelaskan LWC merupakan komunitas bisnis yang anggotanya terdiri dari perempuan-perempuan se-NTB. Fokus LWC adalah belajar tentang bisnis. Mulai dari belajar untuk menghasilkan produk usaha, sosialisasi hingga cara memasarkan produk. Salah satu program yang menarik adalah member for member (MM).

‘’Kita saling berinteraksi di sosial media, terutama Instagram sebagai wadah untuk berjualan dan saling mempromosikan usaha. Demikian juga di WhatsApp Group. Jadi, WA Group maupun IG kita isinya promosi produk dan usaha para anggota,’’ jelasnya.

Festival ini, sebagai bazar produk kuliner produk anggota yang terdiri dari UMKM. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modern hasil olahan dan inovasi dan kreatifitas para UMKM. Kebetulan dalam kegiatan ini, dikemas dengan acara bazar atau pameran hasil usaha anggota berupa kuliner dan berbagai kegiatan lain yang akan berlangsung dari tanggal 21 April hingga 3 Mei 2021, mulai pukul 16.00-22.00 Wita.

‘’Insya Allah setiap tahun kita adakan acara yang sama, mengingat 70 persen anggota, usahanya di kuliner, 15 persen fashion, sisanya umum seperti craft, kecantikan dan lain-lain,’’ imbuhnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata NTB, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Ketua TP PKK Kota Mataram, Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat, Ketua TP PKK Lombok Tengah, Ketua Persit Dandim 1606/Lombok Barat dan para pengusaha perempuan yang tergabung dalam LWC.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close