Pasar Ramadan Berkah, Pemda Loteng Santuni Yatim Piatu

 

Sambutannya, Bupati Lombok Tengah, HL. Pathul Bahri, S.IP, pemberian santunan  merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan Pemkab Lombok Tengah

Lombok Tengah (postkotantb.com) - Dalam Gelaran Pasar Ramadan yang dipusatkan di alun alun tastura, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Jumat (16/4), pemerintah kabupaten setempat mengundang yatim piatu. Tradisi mengundang yatim piatu tidak hanya dilakukan di pembukaan Pasar Ramadan. Pada setiap acara resmi, pemerintah kabupaten gemar melibatkan yatim piatu.

Dalam sambutannya, Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri, S.IP, mengaku, pihaknya mengundang yatim piatu se kabupaten, demi mengambil berkah dari gelaran Pasar Ramadan bertajuk UMKM Bangkit Rakyat Sejahtera Loteng bersatu jaya. 

"Tradisi mengundang yatim piatu, merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan dan bisa dikatakan peninggalan bupati sebelumnya, dan itu harus kita lestarikan sebab menghormati anak yatim wajib kita lakukan, guna meminta do'a-do'a mereka," ungkapnya.

Di sisi lain, lanjut dia, pihaknya mengundang para pelaku UMKM lokal untuk memasarkan hasil produksi sekaligus menjadi salah satu langkah, dalam menggerakkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi. "Di samping kita gerakkan perekonomian masyarakat, ini juga bagian dari langkah menggerakkan dan membangkitkan para pelaku UMKM," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan, seluruh UMKM yang telah terdaftar, akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Karenanya Para UMKM diharapkan mengurus semua administrasi persyaratannya ke Dinas Koperasi.

"Sekitar 1,2 rupiah akan diberikan bagi masing-masing pelaku UMKM. Tinggal siapkan syarat lalu silahkan urus di Dinas Koperasi. Saya harap UMKM ini terus diberikan bimbingan" terang Pathul. Apa yang dijual di pasar Ramadhan ini harganya lebih murah dibanding pasar di luar sana. Pasar ini akan kita buka selama 1 bulan penuh," tutupnya. (AP)