Pemprov NTB Ekstra Protektif Cek Pemudik dari Luar NTB

Wakil Gubernur NTB,Sitti Rohmi Djalilah

Mataram (postkotantb.com)- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Sitti Rohmi Djalilah menegaskan, tidak ada larangan mudik bagi warga selama aktivitas mudik masih di dalam wilayah NTB. Kendati demikian, masyarakat diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat mudik Lebaran.

"Yang terpenting kedisiplinan kita ini lho, protokol kesehatan itu yang paling penting. Dari pada kita sibuk berkelahi mudik boleh atau tidak," Rohmi, saat dikonfirmasi di Mataram, Senin (19/4).

Rohmi menuturkan, kelonggaran aturan mudik ini diperuntukkan khusus untuk internal wilayah NTB atau antar kabupaten di NTB. Sementara, untuk warga yang datang dari luar wilayah NTB, Pemprov tetap memberlakukan skrining ketat.

Di samping itu, Pemprov NTB tetap melakukan pembatasan bagi warga yang datang ke NTB dengan syarat menyertakan hasil rapid test antigen yang akan diperiksa di setiap pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan.

"Kalau dari luar datang ke sini itu kita ekstra protektif. Samalah kayak sekarang kan, di setiap pintu masuk kan harus (rapid test) antigen segala macam itu tetap berlangsung," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Lalu Hamzi Fikri menambahkan, masyarakat diminta tidak abai dan meningkatkan kewaspadaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Walaupun ada kelonggaran-kelonggaran seperti itu tetap kewaspadaan itu harus ditingkatkan. Enggak bisa abai kita dengan kondisi saat ini, akhirnya lindungi keluarga, lindungi diri sendiri saja," kata Fikri.

Fikri mengatakan, pemeriksaan atau skrining tetap akan dilakukan di pelabuhan maupun di bandara. "Pemeriksaan ketat menggunakan prokes harus dijalankan. Kalau enggak ya tadi kita membuat peluang-peluang lagi," tandasnya.(RIN)