SMKN 1 Praya; Jurusan Tata Boga Dan Perhotelan Paling Diminati

Kepala SMKN 1 Praya Kasman

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Delapan jurusan yang disajikan SMKN 1 Praya Lombok Tengah (Loteng), jurusan Tata Boga dan Perhotelan masih mendominasi dan paling diminati.

Kepala SMKN 1 Praya Kasman menerangkan, jumlah jurusan yang dibuka di sekolah yang ia pimpin saat ini, sebanyak delapan jurusan.masing masing jurusan Perhotelan, Tata Boga, Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Tata Busana, Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, Multimedia, Tekhnis Komputer Jaringan (TKJ) dan jurusan pertamanan. 

"Dari delapan jurusan, hanya dua Jurusan yang paling banyak peminatnya yakni jurusan Tata Boga dan perhotelan kata sang kasek diruang kerjanya, Jum'at (23/04).

Dua jurusan ini lanjutnya masih dominan, mengingat saat ini perhotelan dan wisata masih menjadi icon, dan kebutuhan setelah beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Sehingga dua jurusan ini tetap menjadi tujuan utama para siswa menuntut ilmu di SMKN 1 Praya. "Melihat peluang kerja di KEK Mandalika memang, jurusan perhotelan dan tata boga, paling banyak dibutuhkan. Jadi sangat wajar jika dua jurusan ini makin banyak peminatnya," ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, setelah pihaknya melakukan pengecekan terhadap asal siswa, ternyata 60 persen berasal dari selatan. Dan rata rata mereka semua mengisi jurusan pariwisata dan tata boga.

Ditambahkan, sejalan dengan kebutuhan saat ini, pemerintah melalui SMK telah membuka kelas Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (Iduka). 

Menyambut momen itu, pihaknya telah merancang dari delapan jurusan, telah disiapkan kelas Khusus atau unggulan. Artinya masing masing jurusan ada kelas unggulan yang sudah disiapkan.

Untuk perekrutan kelas unggulan lanjutnya, pihaknya juga sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah dunia usaha. "Dunia Usaha yang sudah kita tunjuk sebagai mitra, nantinya diberikan hak merekrut siswa yang layak masuk kelas unggulan," cerussnya.

Dunia usaha kulit dan rambut misalnya, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan  salon Karolin. Tata Boga, juga sudah melakukan kerjasama dengan persatuan tata boga kek Mandalika dan yang lainnya. "Pada intinya semua alumni SMKN 1 Praya, siap meramaikan semua Iduka di Loteng, terutama di KEK Mandalika," tandasnya. (AP)