Penda Lotim Teken MoU dengan Kementrian Kominfo RI, Untuk Program Smart City

Kadis Kominfo Lotim Ahmad Masfu

Lombok Timur (postkotantb.com)- Kabupaten Lombok Timur (Lotim) telah menandatangani nota kesepakatan bersama (MoU) dengan Kementerian Kominfo RI terkait dengan pelaksanaan program Smart City. Di Lotim, program tersebut diharapkan akan mempermudah segala bentuk urusan masyarakat secara efektif dan efisien.

''Misal; jika selama ini kita membuat surat keterangan dari desa harus menunggu lama, sekarang kan lewat handphone atau teknologi yang ada bisa kita lakukan. Itu salah satu bagian dari Smart City dalam bidang pemerintahan,'' kata Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Lotim Ahmad Masfu pada postkotantb.com di ruangannya, Jumat (28/5).

Lanjutnya, terpilihnya Kabupaten Lotim sebagai salah satu proyek percontohan dari program tersebut tak lepas dari peran pemerintah daerah (Pemda). Sebagai salah satu kabupaten dengan penduduk terbanyak di Provinsi NTB, kata Masfu, program tersebut sangat cocok diterapkan Pemda Lotim. 

''Dari 400 lebih kabupaten/kota di Indonesia, Lotim terpilih sebagai salah satu pilot projects program ini karena dengan jumlah penduduk yang banyak, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun Pemda,'' jelasnya.

Menindaklanjuti program tersebut, Pemda Lotim telah membangun infrastruktur berupa jaringan internet dengan kecepatan tinggi agar masyarakat bisa mengakses informasi secara cepat. Selain itu, Pemda juga telah membangun komen center sebagai pusat informasi yang bisa dijadikan alat ukur sejauh mana pemerintah pusat bisa melihat pelaksanaan kegiatan pemerintahan di masing-masing daerah.

''Selain Smart Government/Pemerintahan, Smart Society/Sosial, dan Smart Ekonomi, masih banyak lagi smart-smart yang lainnya yang bisa dimanfaatkan,'' tandas Masfu.

Diberitakan sebelumnya, pada 20 Mei 2021 atau bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional, Pemda Lotim menandatangani MoU dengan Kementerian Kominfo RI terkait program Smart City/Kota Pintar.(Iwan)