Agama dan Pancasila Jangan Jadi Pertentangan

 

DISKUSI PUBLIK: Gubernur NTB saat menghadiri acara diskusi publik, Rabu (2/6)
Mataram (postkotantb.com)- Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengatakan, Pancasila lahir sebagai dasar negara, berdasarkan nilai budaya dan ajaran agama. Karenanya, agama sama sekali tidak bertentangan dan tidak dapat dipertentangkan dengan Pancasila.

‘’Masyarakat Lombok dan NTB umumnya religiusitasnya bagus, sehingga sudah tidak tempatnya agama dan Pancasila, terutama Islam dipertentangkan,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat membuka diskusi publik ‘’Memperingati Hari Pancasila’’ yang digelar NGO Laskar NTB, di Hotel Grand Royal Batujai, Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (2/6).

Kendati demikian, diakui Gubernur, terkadang ada saja tanggapan bahwa Pancasilais, kurang beragama. Demikian juga sebaliknya, kalau beragama kurang Pancasilais. Sehingga dalam diskusi tersebut, Bang Zul mengajak masyarakat untuk tidak mengulang kesalahan tentang tanggapan itu.

‘’Generasi bangsa ini perlu terus belajar memahami sejarah pendirian dan lahirnya Pancasila. Karena dalam kaidah dan nilai-nilainya sangat indah sekali,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Laskar NTB, HM Agus Setiawan mengapresiasi kehadiran Gubernur NTB untuk memberikan dukungan, kepada generasi muda Laskar NTB. Khususnya dalam diskusi memperkuat pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

‘’Kita sepakat bahwa Laskar NTB selalu taat dengan konstitusi, baik UUD maupun Pancasila sebagai ruh organisasi,’’ kata Agus.

Mengusung tema ‘’NGO dan Pancasila: dari Bumi Gora Bumikan Pancasila’’, diskusi panel ini menghadirkan pembicara diantaranya akademisi Unram, Prof H Kurniawan, Dewan Pembina DPP Laskar NTB, Dr Syamsul Hidayat; tokoh Majelis Adat Sasak dan Ketua Umum Laskar NTB.(RED)