Layanan Perpustakaan Diharapkan Mampu Menarik Minat Baca di KLU

Bupati KLU meletakan batu pertama untuk pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan di Desa Gondang, Gangga, KLU, Senin (7/6).
Lombok Utara (postkotantb.com) - Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH melangsungkan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan di Desa Gondang Kecamatan Gangga, Senin (7/6). Hadir Pula Wakil Bupati Danny Karter Febrianto R ST MEng, Para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Plt Camat Gangga, serta undangan lainnya.

Bupati Djohan menyampaikan pada era digital minat baca kurang terlebih anak-anak lebih seneng dengan handphone. Semoga dengan berdirinya gedung perpustakaan ini, minat baca akan timbul kembali.

"Pengetahuan akan kita peroleh dari gemar membaca. Banyak hal yang bisa kita peroleh dari membaca. Sebagai langkah awal, kita mulai membangun pada tahun 2021. Pemda berterima kasih atas bantuan pemerintah pusat berupa gedung perpustakaan. Adapun lokasinya, kita tempatkan di pinggir jalan agar banyak pihak yang bisa masuk ke perpustakaan," tuturnya.

Gedung Perpustakaan yang berlantai dua tersebut, dilengkapi dengan buku yang bisa dibaca oleh anak-anak dan semua masyarakat yang ada di Lombok utara.

"Gemar membaca ini harus kita tumbuh kembangkan, terutama pada kalangan anak-anak kita. Dengan perkembangan teknologi sekarang, kelihatannya gemar membaca ini sudah menghilang. Adanya gedung dan tempat ini bisa jadi daya tarik minat baca," urainya.

Menurut Bupati Djohan, terkait sumber daya manusia yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang masih kurang, perlu untuk ditambah. Mengingat  penting perannya dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui program gemar membaca.

"Saya yakin dan percaya mudah-mudahan dengan kita mendirikan gedung perpustakaan ini, minat baca kita semua anak-anak dan masyarakat akan tumbuh kembali sehingga banyak ilmu yang bisa diperoleh dari gemar membaca," imbuhnya.

Selain itu pula Bupati Djohan menyampaikan jika ada pembangunan yang melibatkan tenaga pertukangan, supaya memanfaatkan tenaga kerja lokal.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir Lalu Mustain MM, dalam laporannya menyampaikan berkat perjuangan panjang, akhirnya bisa melakukan pembangunan gedung perpustakaan dengan nilai berkisar 10 miliar yang berasal dari bantuan pemerintah pusat.

"Awalnya kita mau bangun di Tanjung, namun karena tempat dan aksesnya jauh sehingga dipertimbangkan kembali dan akhirnya Gangga yang dulunya sebagai eks Gedung Serbaguna dan Kantor PKK. Tempatnya strategis tepat pinggir jalan," tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Peletakan Batu Pertama dan dilanjutkan peninjauan Seat Plan Gedung Perpustakaan.(RIN/YAN)