Wabup KLU Lepas Puluhan Anak Penyu di Pantai Sorong Jukung.



Tanjung, (postkotantb.com)  - Hal itu untuk menambah populasi penyu yang saat ini terancam punah. Penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi kata Dany Karter Febrianto,R.ST.M.Eng Rabu 2/6.

"Hari ini kita melepasliarkan puluhan ekor tukik, pelepasliaran ini untuk menambah populasi penyu di wilayan perairan kita di Lombok Utara," ujar Dany, saat ditemui di Pantai Sorong Jukung, Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (2/6/2021).

Mengingat di beberapa titik masih ada tukik yang dilepasliarkan, sebagaimana yang kita lakukan hari ini, kata Dany.
Pihak Perhotelan (Mina Hotel) turut mengajak pemerhati lingkungan  dan pegiat konservasi penyu untuk ikut serta dalam pelepasliaran tersebut. Menurutnya, hal itu agar warga mengetahui bahwa penyu adalah hewan yang perlu dilestarikan keberadaannya.

Biar Tak Punah, Anak Penyu Dilepasliarkan di Pantai Sorong Jukung Tanjung KLU Foto: angjaharudin Lombokhijaunews.com.
"Warga sengaja dilibatkan agar mengerti pentingnya konservasi penyu yang terus berupaya agar jumlah penyu terus bertambah dan tidak punah," ucap IMade Dwi Antara, selaku penanggung jawab Mina Hotel.
Pantauan Lombokhijaunews.com, pelepasliaran tukik dilakukan pagi hari menjelang dengan cara memindahkan tukik satu persatu dari tempat Bak prlastik yang krmudian diberikan ke Wkl. Bupati KLU, Kapolsek, Danramil Tanjung dan ke peserta yang lain.

Setelah semua peserta mendapat tukik, mereka lalu menuju ke pinggir Pantai untuk melepasliarkan secara bersamaan. Tak perlu waktu lama, usai dilepasliarkan, puluhan tukik itu bergerak menyusuri pasir pantai menuju laut lepas.

"Tukik yang dilepasliarkan ini baru ditetaskan tanggal 15 (Juni) kemarin, jadi usianya baru 15 hari. Dan memang kalau usia segitu harus segera dilepas ke habitatnya," salah seotang pemerhati alam dan lingkungan, Jaharudin.

Pria yang kerap disapa Ang sering melakukan pendampingan kepada nelayan penangkar penyu/tukik di kampungnya di Pantai Sedayu Dusun Lekok Desa Gondang Krcamatan Gangga -KLU.
Pelepasliaran ini akan terus berlanjut, mengingat masih ada ratusan telur penyu yang segera menetas.
Biar Tak Punah, Anak Penyu Dilepasliarkan di sepanjang pantai wilayah utara ini, kata Dany Karter.
Menurutnya, dengan pelepasliaran ini dapat menambah keberadaan penyu di laut.

"Ini baru pertama kali saya ikut melepas tukik dan perasannya ya senang, semoga tukik yang saya lepasliarkan tadi bisa tumbuh besar," kata Dia.(red)