Anggota Komisi III DPRD Lotim, Sidak ke Kecamatan Selong

Kunjungan Ketua Komisi III DPRD Lotim bersama anggota ke kantor Camat Selong

Lombok Timur (postkotantb.com)- Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Lombok Timur H. Saiful Bachri, S. Sos berserta Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Lombok Timur melakukan sidak terkait Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan serta Penekanan Praktik Percaloan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kecamatan Selong pada Kamis 8 Juli 2021.

Dalam sambutannya Camat Selong H. Usman, S.Sos memberikan sambutan terkait pemungutan pajak di Kecamatan Selong. Usman menjelaskan, di Kecamatan Selong target Pajak Bumi dan Bangunan senilai Rp 1,8 Milyar. Sampai saat ini target pajak di tahun 2021 sudah mendapatkan 26,84% dari target yang sudah ditentukan.

''Dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan target kita di Kecamatan Selong Rp 1,8 M. Atau kalau dipersentasikan 26,84% di tahun 2021. Yang jadi permasalahan kita saat ini data perbaikan wajib pajak dan insentif dari pemungutan Kepala Lingkungan,'' ungkap Usman.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan Panitia Penerima Setoran (PPS) terkadang tidak menyampaikan Surat Pemberitauan Pajak Terutang (SPPT) pada Objek Pajak. Keterlambatan itu sangat berpengaruh dengan adanya kerja sama Kepala Lingkungan ataupun Kepala Dusun.

''Kita akan adakan agenda kelurahan; bisa kita atur dalam seminggu sekali,'' imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Komisi III DPRD Kabupaten Lombok Timur juga melakukan pertemuan dengan UPT Dukcapil dan mengonfirmasi pealayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh masyarakat guna menekan praktik calo. UPT Dukcapil Selong tidak hanya melayani secara langsung, tetapi juga menyediakan sistem Aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan secara online atau via media sosial (WhatsApp,Twitter, Instragram, dan Facebook).

"Insha Allah kami sudah berusaha sebaik mungkin dengan keterbatasan kami. Maka dengan itu masyarakat tidak ada lagi alasan untuk tidak memiliki kartu kependudukan. Kita berikan kemudahan-kemudahan dan kita sudah berkerja sama dengan kelurahan dengan membuatkan grup WhatsApp untuk mempermudah komunikasi dan itupun gratis,'' ungkap Kepala UPT Dukcapil Selong Nurhuswatun Hasanah.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Lombok Timur, H. Saiful Bachri, S.Sos mengapresiasi teknis pelayanan KTP ini dari pendaftaran hingga terbitnya kartu.

"Kami berharap KTP via online maupun offline ini mampu memudahkan masyarakat dalam mengurus KTP,'' pungkasnya. (Iwan)