Breaking News

Bupati Lotim Minta BRI Cabang Selong Segera Tangani E-Warong Yang Tidak Sesuai Pedoman Umum


Lombok Timur (postkotantb.com) - Setelah membentuk tim verifikasi e-Warong yang khusus turun melakukan verifikasi dan validasi beberapa waktu lalu, tim verifikasi langsung mempresentasikan hasilnya pada Selasa 27 Juli kemarin. Dari 411 e-Warong yang ada di Lotim, tak kurang dari 50 e-Warong dinilai tidak sesuai dengan pedoman umum (Pedum) yang telah ditetapkan.

Bupati Lotim, HM. Sukiman Azmy meminta agar Pimpinan Cabang BRI Selong segera menangani berbagai temuan yang dipaparkan pada rapat yang berlangsung di Rupatama I Kantor Bupati Lotim.

”Ini harus dilakukan demi pelayanan terbaik kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” kata Bupati.

Menurut Bupati, pilihan yang dapat diambil adalah melakukan pembinaan intensif kepada e-Warong agar sesuai dengan Pedum. Pilihan lainnya adalah mengganti e-Warong yang sama sekali tidak memiliki kesesuaian dengan Pedum. Bupati juga meminta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang telah difasilitasi Pemda dapat bergerak aktif melaporkan setiap penyimpangan yang ada di lapangan.

”Berdasarkan hasil verifikasi dan validisi yang disampaikan kedua tim, termasuk dari Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) NTB, sedikitnya ada 12 poin yang dicatat untuk mendapat pembinaan dan perbaikan,” ungkap Bupati.

Poin-poin tersebut, terangnya, tidak tersedianya daftar harga, adanya pengumpulan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) oleh e-Warong, tidak adanya laporan, transaksi dilakukan sampai di luar wilayah, serta terlalu banyak KPM yang dilayani (lebih dari 300 KPM), mengurangi hak KPM, bahkan e-Warong yang merupakan keluarga PNS, perangkat desa, hingga anggota Polri, tegas Bupati.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Selong, Aroef Sarifudin berjanji akan melakukan pembinaan terhadap e-Warong yang keluar dari Pedum, bahkan mencabut statusnya. mengingat, pihaknya telah memberikan peringatan utamanya untuk e-Warong yang mengumpulkan KKS KPM.

”Saat ini sudah tersedia 76 calon pengganti e-Warong yang sudah disetujui dan 19 yang tengah dalam pengajuan. Selain mengganti e-Warong yang bermasalah, jumlah tersebut juga untuk menambah kekurangan di sejumlah titik,” pungkasnya

Turut hadir dalam presentasi tersebut Pimpinan Cabang Bulog Divre dan Kepala Dinas Sosial Lotim.(wan)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close