Dandim 1628/SB Bersama Bupati Sumbawa Barat Hadir Laucing Pompa Hidram Tahap II Dan Deklarasi Gerakan Jaga Alam Dan Air


Sumbawa Barat (postkotantb.com)  - Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak semenjak menjabat Pangdam IX / Udayana, sangat peduli empaty dengan permasalahan sosial yang ada ditengah masyarakat serta  memberikan solusi dalam menyelesaikan dengan terbukti menginisiasi beberapa program unggulan yang dicanangkan di satuan satuan jajaran  Kodam IX/Udayana se Bali Nusra diantaranya program unggulan pendampingan ketahanan pangan (pembukaan lahan pertanian baru, peternakan, perikanan dll) secara  terpadu, pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat dan lahan pertanian melalui program pompa hidram dan sumur dalam, rehab rumah tidak layak huni serta Konsen dalam upaya percepatan penanganan Covid I9 diwilayah Kodam IX/Udayana bersinergi dengan stakeholder lainnya.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/SB Letkol Czi. Sunardi ST, M.IP. dalam keterangan tertulis disampaikan kepada media Rabu (07/07/2024)  

Dijelaskan Dandim giat Launching Project Pompa Hidram Tahap II Kodam IX/Udayana di laksanakan secara serentak salah satunya di wilayah Kodim 1628/SB   sebagai wujud nyata  program unggulan Kodam IX/ Udayana dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional dalam membantu kesediaan air bersih bagi masyarakat termasuk untuk pengairan lahan pertanian masyarakat guna meningkatkan hasil pertanian, jelasnya.

“Kegiatan project pompa hidram adalah bentuk Negara Hadir Untuk Rakyat yang dikemas dalam upaya TNI yakni Kodam IX/Udayana kepada masyarakat yang berada di Bali – Nusra salah satunya di wilayah Kodim 1628/SB dalam mengatasi kesulitan masyarakat akan kebutuhan air bersih dan kebutuhan air untuk lahan pertanian,” Papar Dandim.

Selain itu Dandim  juga mengharapkan project pompa hydram ini dapat  bermanfaat bagi masyarakat sekitar,  selama ini kita ketahui untuk memenuhi kebutuhan air bersih harus menempuh jarak yang lumayan jauh diangkat dari tempat air kerumahnya. insyaAllah kalau kegiatan ini rampung masyarakat dapat menikmati kebutuhan air bersih sampai kerumah masing masing   

Dandim menjelaskan Pompa hydram bekerja tanpa menggunakan bahan bakar atau tambahan energi dari luar. Pompa ini memanfaatkan tenaga aliran air yang jatuh dari tempat suatu sumber air dan sebagian dari air itu dipompakan ke tempat yang lebih tinggi.

Untuk itu, lanjut Dandim, keberadaan pompa hidram ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga rarak rongea  Kecamatan Brangrea  Kabupaten Sumbawa Barat.

Untuk mendukung keberhasilan program Pompa Hindram di Desa Rarak Ronges kami sudah koordinasi lintas sektoral mengajak partisipasi semua pihak bersama sama sehingga dapat mencapai target lebih maksimal efektif, efisien dari segi waktu dan masyarakat dapat segera menggunakan untuk keperluan pemenuhan air bersih, Harap Dandim.

Sementara itu Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin M.M dalam sambutannya mengatakan kami Pemerintah daerah sangat bersyukur atas perhatian Kodam IX/Udayana melalui Kodim 1628/SB dengan launching pompa hydram yang  merupakan bentuk kepudulian TNI terhadap masyarakat khususnya Desa Rarak Ronges.

Untuk itu lanjut Bupati dirinya  mengucapkan terimakasih serta penghargaan kepada bapak  Pangdam IX/Udayana serta Kodim 1628/SB dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam pemenuhan  kebutuhan air bersih untuk masyarakat Sumbawa Barat khususnya di Rarak ronges,

“Saya berharap agar masyarakat sekitar dapat berpartisipasi aktif bersama  pihak Kodim dalam menyelesaikan pengerjaannya sampai rampung," Harapnya.

Kita ketahui bersama kondisi wilayah sedang dilanda Pandemi Covid 19 sehingga banyak pagu anggaran pembangunan yang di pangkas untuk membantu memulihkan kondisi sosial masyarakat dampak covid ini , untuk saya  berharap mari kita jaga kesehatan tetap patuhi Protokol Kesehatan agar kita terhindar dari penyakit Covid 19, Imbaunya.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara Deklerasi gerakan jaga alam dan air dari masyarakat dan pemuda pelajar di Desa  Rarak Ronges 

Adapun hadir  Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin MM,  Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi, S.T M.I.P,  Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaludin,  Kajari Sumbawa Barat Suseno SH MH,  Perwakilan Kadis SKPD Kab. Sumbawa Barat, Para Pa Staf, Dan ramil jajaran Kodim 1628/Sumbawa barat, Camat Brang rea ibu Khusniarti, S Pd, Danramil 1628-01/Taliwang Kapten Inf Bambang, Kapolsek Brang Rea Iptu M Santoso, Kades Rarak ronges Arifin, S Ap, Babinsa, Babinkamtibmas, toga , toma, todat, serta undangan lainnya .(erwin)