Masih Ada Yang Acuh, Kodim Loteng Bersama BNPB Lagi Distribusikan Bantuan Masker

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Kendati pendistribusian masker sebagai salah satu langkah pemerintah menekan penyebaran Covid-19, namun masih saja ada masyarakat yang acuh tidak menggunakan masker.

Masih adanya masyarakat yang acuh, kodim 1620 Loteng, langsung meresponnya dengan cara mendistribusikan bantuan masker dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang di berikan secara gratis kepada masyarakat.

Bantuan Masker dari BNPB ini diterima langsung oleh Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., didampingi Pasiter dan beberapa Perwira Staf yang bertempat di Makodim Jl. Gajahmada No. 101 Leneng, Kecamatan Praya Loteng kemarin.

Bantuan masker tersebut merupakan program satu juta masker yang dilakukan BNPB dengan Target pendistribusian menyasar komunitas rumah-rumah ibadah, Pasar-pasar, maupun terminal dan Tempat-tempat terjadinya kerumunan warga yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Program Satu Juta Masker yang di tegaskan Komandan Kodim ini, bertujuan untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru, termasuk PPKM Micro yang berlaku di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

"Patuhi dan taati  imbauan pemerintah dan disiplin melakukan Prokes guna memutus penyebaran virus corona tersebut,” tegas Dandim.

Gagasan ini selanjutnya ditindaklanjuti oleh unit Satuan Kerja di jajaran Kodim 1620/Loteng, kemudian langkah berikutnya berlangsung dengan menggerakkan unsur di Tiap-tiap Koramil melalui para Babinsa. 

Setelah pembagian wilayah distribusi ditentukan, Kodim memberikan bantuan masker secara serentak melalui Koramil Jajarannya dengan sistem satu kali droppint. 

“Dropping serentak langsung diberikan pada Jum'at, 16 Juli 2021, sejumlah masker di bagikan oleh Masing-masing Koramil jajaran Kodim di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Kemudian untuk dibagikan,” ujar Dandim, Jumat (16/7/21).

Dandim menambahkan, waktu pelaksanaan ditargetkan mulai hari ini sampai selesai, dengan alokasi minimal 4 hari untuk pendistribusian ke semua sektor dan beberapa tempat umum lainnya.

Dandim mengharapkan unsur pentaheliks, yang terdiri dari pemerintah, para pakar maupun akademisi, masyarakat, bahkan dunia usaha serta media massa, untuk turut berkontribusi secara konkret dalam mencegah penularan COVID-19.

"Bantuan masker ini dilakukan sebagai wujud kepedulian BNPB dan Kodim 1620/Loteng, dalamrangka mencegah terjadinya penularan Covid-19 dengan berbagai upaya yang dapat dilakukan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," ujarnya.

Dandim selaku Komandan Sub Satgas (Dansubsatgas) Covid-19 Korem 162/WB, selalu mengingatkan bahwa upaya kolektif sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19. 

"Meskipun diri sendiri mampu untuk menerapkan disiplin secara tinggi, namun Protokol Kesehatan bagi orang lain di sekitar kita juga tetap akan berpengaruh terhadap potensi penularan, karena itu kita semu harus menyadari hal ini untuk sama-sama saling menjaga," ugkapnya.

"Upaya kolektif dan terus mengedukasi orang-orang di sekitar menjadi salah satu kunci mencegah penularan COVID-19," tutupnya. (AP)