Breaking News

Pembentukan Forum Kades Sekotong-Lembar Dinilai Langkah Kemajuan Pemerintahan Desa


Gubernur NTB, Dr. H. Zulkeflimansyah, SE, M.Sc.

Lombok Barat (postkotantb.com)- Membentuk Forum Kepala Desa (Kades) yang terdiri dari latar belakang pemikiran yang berbeda tidaklah mudah. Dibutuhkan kerendahan hati dan penuh keikhlasan dalam menggapai satu tujuan bersama dalam suatu kemajuan. 

Kades merupakan pemimpin-pemimpin yang diamanahkan dengan segala kelebihannya, namun juga dilengkapi dengan kekurangannya untuk bisa melakukan kerjasama. 

“Adanya kemauan untuk membuat forum koordinasi Kades merupakan satu langkah maju yang tidak semua Kades bisa melakukannya. Jangankan Kades, Kades dengan perangkat desa lainnya juga kerap terjadi masalah. Terbentuknya Forum Kades ini saya liat merupakan langkah maju, dewasa dalam mensikapi kemandirian pemerintahan di tingkat desa,” kata Gubernur NTB Dr. H. Zulkeflimansyah, SE, M.Sc, pada Pengukuhan Forum Komunikasi Kepala Desa se Kecamatan Sekotong dan Kecamatan Lembar, di Rumah Kediaman Wakil Bupati Lombok Barat, Minggu (4/7).

Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB ini memberi perumpaan akan pentingnya saling menghormati, menghargai dalam sebuah perkumpulan. Bahkan dia memberi ilustrasi dan bercerita tentang konvensi organ tubuh. 

“Suatu saat organ tubuh melakukan pertemuan seperti forum ini. Dalam diskusi organ tubuh ini sampailah pada satu topik terkait siapa yang akan menjadi kepala/pimpinannya. Masing-masing organ tubuh berdebat akan tugas dan fungsinya yang demikian penting. Jadi yang bisa dipetik dari perumpamaan atau cerita sederhana ini adalah kerjasama itu tidak bisa terjadi jika semua merasa paling penting,” ujar Bang Zul dihadapan Wakil Bupati Lombok Barat, tokoh masyarakat Sekotong dan Kepala OPD Prov NTB dan Kabupaten Lobar.

Bang Zul menggaris bawahi bahwa untuk satu sistem/forum koordinasi, kerjasama itu bisa dilaksanakan dengan baik jika saling memahami bahwa seluruhnya memiliki keberfungsian yang sama pentingnya. Jika satu saja tak berfungsi maka kesinambungan yang lain akan terganggu.

“Forum Kades Sekotong-Lembar ini tidak akan bisa berjalan kalau ada satu Kades yang merasa dirinya lebih berperan dibandingkan dengan desa lainnya. Forum Lembar-Sekotong ini tidak akan bisa bekerja tanpa menghargai Kades atau forum yang lain. Oleh karena itu marilah forum ini jadikan sebagai relasi (hubungan,red) yang konstruktif antara satu desa dengan desa yang lain. Merupakan keniscayaan akan suksesnya satu forum bila tidak saling bekerjasama,” tutupnya. (DiskominfotikNTB/RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close