Proyek DD Desa Kelebuh Dibongkar Warga

BONGKAR inilah proyek penalutan yang dianggarkan pemdes Kelebuh melalui ADD yang dibongkar pemilik lahan

 LOTENG (Postkotantb.com)- Proyek penalutan yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), Desa Kelebuh Kecamatan Praya Tengah Lombok Tengah (Loteng), di bongkar pemilik lahan bersama masyarakat setempat. 

Ketua divisi advokasi forum pemuda Lelong Desa Kelebuh Yudhista Firmayadi membenarkan kalau pembongkaran tersebut dilakukan, karena pemilik lahan menolak adanya penalutan sepihak yang dilakukan pihak desa.

"Saya diberikan mandat pemilik lahan atas nama Abdurrahman, menggugat dan menolak penalutan sepihak yang dilakukan pihak desa Kelebuh," katanya Sabtu (10/7). 

Tidak adanya pemberitahuan dan koordinasi pihak desa, sehingga pihaknya bersama masyarakat dan pemilik lahan, melakukan pembongkaran terhadap proyek penalutan jalan sepanjang kurang lebih 200 M yang bersumber dari ADD tersebut.

"Proyek penalutan ini kalau tidak salah kurang lebih 200 Meter, 50 meter diantaranya ada di tanah miliknya Abdurrahman, dan itulah yang kita bongkar," jelasnya.

Diakuinya, karakter kepala desanya memang sering kali meremehkan orang dan mengentengkan sesuatu tanpa memikirkan dampak negatif. Termasuk melakukan penalutan diatas tanah hak milik orang.

"Memang kita sangat sayangkan karakter kades saya, yang selalu berbuat tanpa memikirkan imbasnya, termasuk membangun proyek penalutan diatas tanah hak milik orang," kesalnya.

Sementara itu Kepala Desa Kelebuh Kecamatan Praya Tengah Loteng Nurahim mengatakan, penalutan tersebut dilakukan atas perintah Amaq Nurtenang atau ayah dari Abdurrahman, selain itu Kadus Pengembok atau wilayah tempat proyek tersebut, atau keluarganya, juga mengijinkan.

"Abdurrahman ini, kan punya saudara 10 orang dan orang tuanya serta Kadus adalah keluarganya, dan kami sudah minta ijin sehingga diberikan, barulah kami berani mengerjakan," katanya. (AP)