Sub Divre Bulog Sikur Lotim Distribusikan 1,5 Juta Ton Lebih Beras Bantuan Pemerintah Selama Masa PPKM

Lombok Timur (postkotantb.com) - Kepala Sub Divre Bulog Sikur, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) Zuhri Hanafi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera mendistribusikan 1,5 juta ton lebih beras bantuan Pemerintah Kabupaten Lotim yang tersimpan di Bulog Sikur. 1,5 juta ton beras bantuan tersebut nantinya akan menyasar 153.129 keluarga penerima manfaat (KPM) selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Lotim.

”Jumlah beras yang akan didistribusikan mencapai 1.531.290 ton,” kata Zuhri Hanafi pada awak media, Senin (26/7).

Seluruh KPM yang sudah terdaftar lanjutnya, terdiri dari unsur Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 95.651 dan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 57.478, dengan masing-masing KPM akan menerima 10 kg beras kelas medium.

”Totalnya 153.129 orang. PKH sejumlah 95.651 orang dan BST 57.478 orang,” ungkapnya.
Menurut Zuhri, beras yang didistribusikan itu diperoleh dari para petani yang ada di Lotim melalui mitra kerja Bulog saat puncak musim panen padi tahun ini dan dijadikan sebagai cadangan pangan oleh Pemkab Lotim.

Adapun dalam distribusinya, pihaknya hanya menyalurkan beras saja. Disebabkan hal itu berkaitan dengan PPKM yang sifatnya darurat karena sedang masa pandemi Covid-19 dan tidak berlaku selamanya. Proses distribusinya melibatkan pihak kecamatan dan desa di Lotim.

”Hari ini akan kami salurkan di enam kecamatan yakni Kecamatan Montong Gading, Terara, Sambelia, Aikmel, Sakra, dan Sakra Barat. nantinya PT DNR yang sudah ditunjuk pemerintah yang akan meneruskan, kami hanya sampai pintu Gudang Bulog saja,” tandasnya.(wan)