Bupati Djohan Resmikan TPS 3R Gemaripah Desa Bentek

Lombok Utara (Postkotantb.com) - Bupati Lombok Utara  H Djohan Sjamsu  SH Meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah  (TPS) Reuse  Reduce Recycle (3R)  Gemaripah Dusun Todo Lauk Desa Bentek  Kecamatan Gangga(8/9).Hadir Pula Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman NTB Aprialely Nirmala ST MT, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan  H Simparudin SH, Plt Kadis LH KLU H Husnul Hadi SKm,Camat Gangga Kariadi SP, Kepala Desa Bentek Warna Wijaya SAP serta undangan lainnya.

Bupati Djohan Dalam Sambutannya Menyampaikan dengan usai dibangunnya  tempat pengelolaan sampah  3R Gemaripah kedepannya agar masyarakat memanfaatkan dengan sebaik mungkin supaya permasalahan sampah sekitar kita bisa teratasi dan menjadikan lingkungan tetap bersih.

"TPS 3R ini nantinya sebagai wadah penampungan sampah rumah tangga untuk di kumpulkan disini kemudian proses kembali karena  disamping dapat membantu pemerintah dalam konteks penanganan kebersihan lingkungan, sampah di TPS 3R juga bisa olah untuk di daur ulang dan memiliki nilai ekonomi,"tuturnya.

Persoalan sampah kelihatannya kecil tetapi memiliki dampak  besar terhadap kondisi lingkungan dan kesehatan kita oleh karena itu kepada masyarakat untuk sama-sama peduli dengan lingkungan masing-masing karena jika lingkungan bersih maka masyarakat menjadi sehat.

Sementara itu Kepala Satker  Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Provinsi NTB Aprialely menyampaikan Bahwa ditahun 2021 BPPW NTB mengalokasikan anggaran pembangunan  untuk TPS 3R yang tersebar dilima desa  di Provinsi NTB dengan anggaran masing-masing  sebesar  Rp 600 juta  dimana Desa Bentek menjadi TPS 3R pertama selesai dan ini yang paling cepat.

"Program TPS 3R ini mampu terbukti efektif  mengurangi volume sampah rumah tangga serta dapat mengurangi pembuangan yang terkirim di TPA", ungkapnya.(YN)