Oktober, Jalan Penghubung Desa Landah Bilelando di Khotmix

Lombok Tengah (Postkotantb.com) - Dipastikan bulan Oktober 2021, jalan penghubung antara Desa Landah dan Bilelando Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah (Loteng), sepanjang 2 kilo lebih di Khotmik.

Anggota DPRD Loteng Daerah Pemilihan (Dapil) Pujut Praya Timur Adi Bagus Karya Putra saat dikonfirmasi membenarkan, kalau jalan alternatif atau jalan penghubung dua desa di Kecamatan Praya Timur Loteng, yakni penghubung Desa Landah dan Bilelando tahun ini di Khotmik.

"Insyaallah bulan Oktober tahun 2021 ini, jalan alternatif penghubung dua desa ini mulai di Khotmik," katanya, Senin (27/9).

Dengan di Khotmik ya jalan ini lanjut Politisi partai Demokrat ini, tentunya akan membawa pengaruh sangat besar, terutama dibidang pertanian. 

Sebab dua Desa ini, rata rata masyarakatnya hidup sehari hari sebagai petani. Sehingga paling tidak, dengan akses yang lebih baik ini, tentunya akan membawa nilai positif lebih baik, dalam rangka meningkatkan sumber penghasilan, melalui jalur pertanian.

Salah satunya, hasil pertanian mereka bisa mereka bawa tanpa harus bersusah payah. "Jika dulu para petani kita harus rela bawa sendiri hasil pertaniannya, lantaran alat angkutan masih mikir, namun sekarang insyallah jalan yang tidak pernah tersentuh perbaikan, Oktober mendatang sudah bisa di Khotmik," tuturnya.

Selain bermanfaat untuk akses pertanian, hubungan antar dua Desa ini tentunya akan semakin baik termasuk akses pendidikan.

Selanjutnya jalan alternatif ini juga berfungsi sebagai jalan alternatif menuju ke obyek wisata ujung kelor Desa Bilelando. "Pada intinya, jalan penghubung ini satu satunya akses strategis, baik untuk usaha tani, hubungan antar dua desa termasuk jalur ini jalan terdekat menuju obyek wisata ujung kelor," terangnya.

Selain jalan alternatif penghubung dua desa, di tahun ini juga ruas jalan Semoyang Muntung Lisung Kecamatan Praya Timur, juga akan Dikhotmix. "Dua titik ini Alhamdulillah tahun ini dikerjakan, dan anggaran dianggarkan melalui APBD Perubahan 2021," cetusnya.

Anggota dewan yang biasa disapa bajang bagus menambahkan, dengan Dikhotmix nya dua jalur ini, pihaknya atas nama masyarakat Praya Timur Pujut pada khususnya dan Loteng pada umumnya. Mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Bupati Loteng HL. Fathul Bahri, yang telah memberikan perhatiannya, sehingga dua ruas jalan ini bisa diperbaiki.

"Dua titik ini, kalau tidak salah sudah 30 tahun tidak pernah tersentuh perbaikan, dan alhamdulilah tahun ini bisa diperbaiki. Terimakasih bapak Bupati Loteng, yang telah berkenan memperhatikan masyarakat kami di Praya Timur," ungkapnya.

Sejatinya, tahun 2019 ruas jalan ini sudah bisa dikerjakan. Namun terbentur Covid-19, beberapa anggaran yang sudah disiapkan, mau tidak mau dialihkan ke penanganan Covid-19. "Kita maklumi semua kondisi saat ini, tapi Alhamdulillah berkat doa dan perjuangan, tahun ini dapat giliran dikerjakan," yakinnya. (AP)