Optimis 106 Atlet NTB Siap Berkompetisi

Dalam Konfrensi Persnya, Selasa (7/9), KONI NTB bersama Ketua Kontingen NTB optimis para atlet siap berkompetisi di Kancah PON Papua.

POSTKOTANTB, Mataram- Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Provinsi Papua, KONI NTB bersama Ketua Kontingen NTB akan menurunkan 106 atlet NTB. Diantaranya 66 atlet putra dan 40 atlet Putri. Para atlet ini akan bertanding di 115 nomor pertandingan, dari 19 Cabang olahraga (Cabor).

"Saat ini yang paling utama kita persiapkan, bagaimana para atlet kita ini tetap dalam kondisi Fit, karena kita ketahui saat ini sedang merebak virus covid-19 sehingga perlu betul memperhatikan kesehatan para atlit kita yang akan bertanding. Namun secara keseluruhan atlet kita sudah siap dalam kondisi apapun," ungkap Ketua Kontingen NTB PON Papua, H. Mori Hanafi, dalam konfrensi pers yang terselenggara di Sekretariat KONI NTB, Selasa (7/9).

Diakui, meski kesiapan para atlet tersebut berdasarkan hasil rekor selama pemusatan latihan, serta kesiapan mental. Pihaknya optimis, atlet NTB akan siap berlaga dan berkompetisi dalam rangka mencapai target 17 medali emas. Soal keamanan, dijelaskan dia, sebelumnya, pihak penyelenggara PON berharap agar seluruh provinsi, dapat menyertakan pengamanan serta memantau dan memberikan pengawalan para kontingen, selama berada di Papua.

Karenanya, pihaknya beserta Polda NTB dan Pangdam, akan menyiapkan  sebanyak 20 personel yang akan stand by di setiap ring. Lebih jauh dijelaskan, keberangkatan para kontingen akan dibagi dalam beberapa tahap, dengan rute dan transit yang berbeda. Sedangkan veneu 19 Cabang olahraga yang diikuti NTB, dibagi dalam 4 klaster. Yakni, klaster kota jayapura, kabupaten jayapura, Mimika dan klaster Merauke.

Klaster Kota Jayapura terdiri dari cabang olahraga Voli pasir, Tinju, Tenis lapangan, Selam Laut, Karate dan Taekwondo. Klaster Kabupaten Mimika, terdiri dari cabang olahraga Atletik, Futsal, Panjat Tebing, Billyard dan Tarung derajat. Dan untuk klaster terakhir Merauke terdiri dari cabang olahraga Catur dan Balap Motor.

"Semoga apa yang telah kita ikhtiarkan bersama-sama ini dapat membawa nama NTB ditingkat nasional. Doa dan dukungan dari seluruh masyarakat NTB sangat kita harapkan demi kelancaran dan keberhasilan bagi atlet - atlet pilihan NTB di PON XX Papua," harapnya.

Sebelumnya, Ketua KONI NTB, H. Andy Hadianto menyebut, berdasarkan pantauan, diharapkan dapat dicetuskan dari cabang Atletik, Tinju, Muaythai, Tarung derajat, Volley Pasir, Panjat tebing, Karate serta Kempo. "Namun cabor lain pun tetap berusaha untuk menyumbang medali," sebutnya.

Dikatakan dia, pihaknya telah mengajukan reward ke Gubernur NTB, bagi para atlet NTB yang menyumbang medali emas, dalam penyelenggaraan PON kali ini. Dengan tujuan, sebagai penghargaan atas prestasi yang diraih, dalam membawa daerah NTB di ajang nasional. Per medali emas, para atlet akan diganjar Rp. 350 juta.

"Ini sudah kami ajukan, namun sampai komprensi pers ini berlangsung belum diketahui persetujuan dari gubernur. Namun yang jelas  berapapun yang dijanjikan oleh Gubernur pasti akan ditepati,"tandasnya.(RIN)