Bupati Djohan Kukuhkan Bunda PAUD Se-KLU

Lombok Utara (Poskotantb.com) - Kegiatan diawali dengan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan oleh  Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH dan dilanjutkan dengan pengukuhan 28 Bunda PAUD Desa Se-KLU oleh Bunda PAUD KLU Hj. Galuh Nurdyiah Djohan Sjamsu bertempat di Sunset Spring  Beach Desa Segara Katon Selasa (19/10). Hadir pula Plt.Kadis Dikbudpora KLU Adnan MPd, Ketua GOW KLU Yunita Aprilina Danny Karter Febrianto ST,MEng,Ketua DWP KLU Baiq Hurniawati Anding Duwi Cahyadi, serta undangan lainnya

Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa  tertuang dalam Keputusan Bunda PAUD Kabupaten Lombok Utara No:421.1/03/10/BP.KLU/2021.

Usai melantik  Bupati Djohan menyampaikan  selamat atas dikukuhkannya Bunda PAUD Kecamatan dan Desa yang ada di KLU  bertugaslah sesuai dengan pedoman kerja masing-masing.Peran PAUD dalam lini kehidupan sangat penting mengingat pendidikan anak diusia 0-6 tahun dalam upaya membentuk karakter menuju generasi yang lebih baik serta bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara kedepanya.

''Pendidikan PAUD ini sangat strategis dan sangat penting peranannya sehingga sangat diperhatikan oleh pemerintah daerah dalam rangka mendidik anak-anak diusia keemasan mulai dari cara bergaulnya di rumah dan di lingkungan sekitar,"tuturnya

Dilantiknya para istri kepala desa karena  memiliki pengaruhnya terhadap PAUD di wilayah dan lingkungan masing-masing.

Sehingga apa yang menjadi tugas dapat dikerjakan untuk selanjutnya diteruskan pada masyarakat mengingat  generasi sekarang dan kedepan memiliki tantangan luar biasa terlebih dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi luar biasa.

Dalam pada itu Bunda PAUD KLU Hj. Galuh mengungkapkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pendidikan dasar untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani dengan tujuan anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut.  

"Kepedulian yang besar terhadap pendidikan anak usia dini,sama-sama membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, agar pada saatnya nanti, mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut, mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik,"ungkapnya.

Kita  sadar bahwa pendidikan diawal masa pertumbuhan anak sangatlah penting. Pada usia dini, otak berkembang dengan sangat cepat, otak juga dapat menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya. Tidak hanya yang baik-baik saja akan tetapi juga hal-hal yang kurang baik. 

"Saya ingatkan bahwa, pendidikan anak usia dini bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi masyarakat dan orang tua juga harus bersama-sama berperan aktif, menyukseskan pendidikan anak usia dini sesuai peran masing-masing"jelasnya

Pekerjaan dan pencapaian besar untuk memasyarakatkan PAUD masih menunggu melalui intervensi kebijakan pemerintah, dengan menggerakkan instrumen pemerintah dari tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, tingkat desa sampai ke tingkat dusun dengan jumlah lembaga PAUD di KLU sebanyak 204  tentu kedepanya bisa bertambah mengingat tugas paling utama ialah memastikan bahwa, anak-anak usia 0 — 6 tahun sudah terlayani oleh PAUD-PAUD yang ada.

 "Bunda PAUD juga memiliki tanggungjawab untuk memastikan anak-anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran, agar mereka dapat menjadi warga negara indonesia yang terlindungi hak-haknya sejak dini,"ungkapnya

Selaku Bunda PAUD kabupaten terus berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan PAUD di daerah kita  yang merupakan profesi suci yang dilandasi rasa cinta dan kasih sayang.

"Harapkan kepada Bunda PAUD Kecamatan dan Desa  mampu menjadi pondasi keberhasilan pendidikan usia dini dengan selalu berkomunikasi dalam pengembangan potensi di wilayah masing-masing,"harapanya.(YN)