Format Dukung AMNT Untuk Perluas Program Peningkatan Kapasitas Pemuda Sumbawa Barat

Sumbawa Barat ( postkotantb.com) - Joni Saputra, SH Ketua Forum Masyarskat Untuk Transparansi (FORMAT-KSB) Seiring dengan meningkatnya angkatan kerja di Sumbawa Barat maka butuh kepedulian seluruh pihak termasuk perusahaan tambang yang ada di daerah ini, kamis (28/10).

Pengkatan skill kepemudaan dalam menghadapi tantangan dunia kerja dibutuhkan upaya serius baik pemerintah maupun perusahaan sekelas PT.AMNT sebagai bentuk Responsibility terhadap masyarakat lingkar tambang .

Langkah PT.AMNT fokus kepada pengembangan kapasitas pemuda adalah bentuk sumbangsing exploitasi sumber daya alam yang direplace dengan pengkatan skill sehingga anak-anak muda Sumbawa Barat tidak terfokus pada sektor pertambangan saja, sebab Turn Over Pekerja (keluar masuk pekerja baru) sangat kecil porsentasenya hanya 2 % tiap tahun artinya peluang kerja sangat minim sekali.

Oleh karena itu Format Sumbawa Barat mendukung perluasan program peningkatan kapasitas kepemudaan melalui program social impact seperti pelatihan coding, pelatihan hospitality dan pelatihan alat berat dengan tujuan agar mutu angkatan kerja kita dapat bersaing itu, sudah tepat sekali. namun perlu di tingkatkan kouta perluasannya agar menjangkau semua elemen muda sehingga dapat maksimal dirasakan masing-masing wilayah di KSB.

" Format mendorong AMNT dapat membuka seluas-luasnya dan penambahan program di bidang lain seperti pelatihan UMKM, pelatihan mutu pendidikan, pelatihan untuk Guru,pelatihan laboratorium serta yang menarik adalah pelatihan Eco Tourism dimana pelatihan ini menjadi sangat primadona karena potensi alam sumbawa barat lebih kaya akan wisata," ungkap Joni.

Selama ini Program AMNT dalam peningkatan skill pemuda lingkar tambang masih minim jangkuan perluasan wilayahnya karena perusahanan minim personel dalam menjalankan program sosial kemasyarakatan sehingga saran kami agar PT AMNT dapat meniru apa yang Newmont pernah lakukan dalam memaksimalkan program dengan melibatkan partisipasi Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada di Sumbawa Barat.

Bila perlu program peningkatan kapasitas kemudaan ini di luncurkan  PT.AMNT tiap tahun  sebagai pilot projeck unggulan perusahaan, sebab apa yang telah newmont lakukan Sebelumnya sangat bermanfaat untuk masyarakat Sumbawa Barat. (Erwin)