Kades Kalimango Bersama Warga Gelorakan Jum'at Bersih

Sumbawa Besar (postkotantb.com)– Pemerintah Desa Kalimango Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, secara rutin menggelar kegiatan ju'mat bersih, bersama dengan aparatur Pemerintah Desa,Bhabinkamtibmas, Babinsa, Linmas, RT,RW, Kadus, anggota BPD dan masyarakat.

Kepala Desa Kalimango Hary Darfan Sp mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan serta menekan angka stantink yang terjadi di desa Kalimango.

“Sebentar lagi kan mau menghadapi musim hujan, jadi kita perlu mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan halaman rumah dan lingkungan di masing masing dusun. Lanjutnya kali ini gotong royong kami fokuskan di dusun Kalimango di belakang Masjid Jami Al Iksan,ungkap Hery Darfan Sp  yang ditemui disela sela kegiatan gotong royong Jum'at kemarin (22/10).

Menurut Kades, kegiatan Jumat bersih ini tetap dilakukan setiap Minggu setiap hari Jumat. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Kalimango dengan kerja sama dengan perangkat desa. agar bisa membersihkan pekarangan rumah masing masing.

 “Sebelum kita mengadakan kegiatan Jumat bersih, kami dari Pemdes Kalimango terlebih dulu melakukan pengumuman yang bersifat pemberitahuan kepada RT,RW dan Kadus, agar di sampaikan kepada warga dimasing masing dusun."terangnya.

Hery Darfan juga menerangkan bahwa di masing Dusun telah menyediakan tong sampah, yang walupun jumlahnya saat ini belum mencukupi, tapi paling tidak masyarakat bisa mengerti tidak membuang sampah sembarangan, imbuhnya.

Kades berharap, masyarakat lebih peduli dengan kebersihan lingkungan desa, dengan membuang sampah pada tempatnya atau dikumpulkan dalam karung. Nanti sampah-sampah yang sudah dikumpulkan akan dibuang oleh petugas kebersihan ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat Desa Kalimango, agar lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan ikut bergotong royong membersihkan desa. Apalagi saat ini sudah mau masuk musim hujan, jangan sampai banyak sampah terutama sampah plastik yang berserakan yang nantinya akan menjadi tempat bersarangnya nyamuk,”harap Kades. (Lalu)