Ketua TP-PKK KLU Hadiri Lomba Kebun Gizi di Kecamatan Bayan

Lombok Utara (Postkotantb.com) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Hj.Galuh Nurdyiah Djohan Sjamsu menghadiri lomba Kebun Gizi  yang di adakan oleh Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) di Kecamatan Bayan(10/10). hadir pula Koordinator JAAM Project YNLM Firman Laela,  Officer  Kebun Gizi YNLM Maselina Sedo,para juri serta lainya.

Kebun gizi merupakan suatu program sebagai salah satu alternatif masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan untuk keluarganya. Selain untuk meyediakan bahan pangan kebun gizi menjadi salah satu sumber pendapatan bagi keluarga dengan menjual hasil kebun dan ditukarkan.

 Ketua TP-PKK KLU Hj.Galuh Nurdyiah menyampaikan Dengan keberadaan YNLM, PKK sendiri sangat terbantu terutama dalam pengembangan kebun gizi khususnya di empat desa di wilayah kecamatan bayan.

"Kami dari PKK mengucapkan terimakasih dan mengreasi, kegiatan ini sangat membantu PKK khususnya di Pokja III yang menangani masalah gizi  dengan adanya kebun gizi kedepanya tidak hanya di empat desa tetapi semua desa di KLU,"ungkapnya

Lomba kebun gizi yang di adakan YNLM merupakan program sangat bagus untuk motivasi para kader dalam pengembangan kebun gizi kedepanya terus berkelanjutan  tentunya tidak lepas dari pendampingan dari YNLM maupun dari para kader.

"Kader-kader Champions kebun gizi sangat  luar biasa bekerja maksimal dilapangkan adapun masukkan dari para juri menjadi catatan dan disempurnakan kedepanya,"tuturnya.

Program pendampingan yang dilakukan YNLM di wilayah bayan ini sangat luar biasa mulai dari pembinaan dan pendampingan 

"Harapan saya apa yang diperbuat sesuai apa yang diharapkan masyarakat baik kesehatan gizi keluarga tetap terpenuhi tentu kedepanya YNLM tidak hanya tentang gizi saja tetapi yang lainya juga dan program pendampingan tidak hanya di bayan tetapi di kecamatan lain dengan program yang lebih bayak,"harapnya

Dalam pada itu Officer Kebun Gizi YNLM  Maselina YNLM mulai masuk sejak 2017 pada awalnya melakukan asesmen dan mulai aktif menjalankan program di Tahun 2018 namun karena gempa YNLM sempat terhenti dan lebih fokus pemberian bantuan pada masyarakat terkena dampak.

"Program yang kami berikan pada masyarakat berkaitan dengan kebutuhan nutrisi untuk peningkatan status gizi pada anak usia 0 sampai 3 tahun dalam projek peningkatan gizi anak ada tiga program yaitu kebun gizi, tumbuh kembang anak dan nutrisi sendiri"tuturnya.

Kebun gizi sendiri pendekatannya sasaran nya semua dusun yang ada di empat desa di Kecamatan Bayan yaitu Loloan, Anyar,Sukadana dan Baturakit 

"Keterlibatan PKK dalam hal ini untuk peningkatan gizi pada anak jadi setiap pengolahan pangan lokal PKK  dilibatkan selain juga di PAUD HI,"ungkapnya

Lomba Kebun gizi tingkat kecamatan merupakan apresiasi pada kader Champions kebun gizi YNLM dan orang tua sasaran yang memiliki status anak BGM dan GK dengan 3 Indikator  Penilaian Kelembagaan, Input dan Output.

Kegiatan Penilaian selama dua hari di empat desa dengan tim juri dari PKK,Dikes,DP2KBPMD,DKPPP dan Bagin Kesra adapun hasil dari penilaian para juri menetapkan Juara 1 Desa Sukadana, Juara 2 Desa Batu Rakit,Juara Tiga Desa Loloan serta Juara empatnya Desa Anyar .(YN)