Mobil Balap SMKN 3 Mataram Siap Diuji Coba

PROTOTIPE F1: inilah kendaraan roda empat, hasil karya Tim Kreanova SMKN 3 Mataram. Kendaraan ini akan diluncurkan dan diuji coba, Senin pekan depan.

 Ruju Rahmad: E Formula R1 Spesial Menyambut Hari Sumpah Pemuda

POSTKOTANTB, Mataram- Setelah sukses dengan sejumlah inovasi, seperti Sepeda listrik dan Cidomo listrik, SMKN 3 Mataram kembali menunjukan kemampuannya dengan menciptakan moda transportasi roda empat, purwarupa (Prototipe) mobil balap F1 yang diberi nama, Mobil E Formula Rinjani (R) 1.

Mobil ini merupakan hasil Ciptaan Tim Kreatif dan Inovasi (Kreanova) SMKN 3 Mataram. Sesuai rencana, kendaraan unik ini akan diluncurkan sekaligus diuji coba  secara perdana, Senin pekan depan.

"Kami mempersembahkan hasil inovasi ini untuk kebangkitan pemuda, spesial menyambut Hari Sumpah Pemuda. Launching dan uji coba perdana insa Allah akan dilaksanakan di upacara peringatan Sumpah Pemuda. Yang sekaligus menerima penghargaan di Kantor Dikbud NTB," Ujar Kepala SMKN 3 Mataram, Ruju Rahmad, Kamis (28/10).

Dia menyebut, proses produksi prototipe mobil balap F1 ini memakan waktu sekitar 4 bulan. Di mana dibawah komando para guru di sekolah ini, Tim Kreanova, menciptakan mobil prototipe F1 bertenaga listrik yang tentu saja, ramah lingkungan. Khusus desain sekolah ini mengandalkan sistem kolaborasi.

"Ini untuk anak-anak jurusan listrik serta otomotis, sekaligus rangka dan bodinya untuk yang jurusan mesin dan las. Untuk baterainya, kami masih beli di luar negeri. Karena di Indonesia masih Grounding pabrik baterainya itu. Kecepatannya 80 KM per-jam dengan daya baterai 100 ampere. Sekali berkendara, bisa mencapai jarak sekitar 40 Kilometer," bebernya.

Dijelaskan, program pembuatan prototipe tersebut merupakan kerjasama SMKN 1 Mataram bersama PT. PLN (Persero). Dana yang digunakan demi memuluskan riset, hingga proses produksi kendaraan, merupakan investasi BUMN tersebut yang disalurkan melalui program CSR.

Di sisi lain, kendaraan ini sebagai upaya sekolah kejuruan tersebut dalam rangka menyambut event World Superbike (WSBK) yang akan dihelat November 2021. Dengan harapan, Mobil E Formula R1, dapat diperkenalkan di setiap pameran, selama berlangsungnya event dunia tersebut. "Ke depan kami akan menyempurnakan design kendaraan. Mungkin akan R2 dan R3," tutupnya.(RIN)