Usai Dipercantik, Pantai Loang Baloq Dikelola Pokdarwis

RUKO: Inilah bangunan ruko yang akan dibangun Dispar Kota Mataram, untuk dimanfaatkan sebagai tempat penjualan kerajinan tangan.

 POSTKOTANTB, Mataram- Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Pariwisata, (Dispar), kian memperlihatkan keseriusannya di dalam meningkatkan potensi Pariwisata lokal. Salah satunya Wisata Pantai Loaq Baloq. Saat ini, destinasi tersebut tengah dalam proses penataan yang tentunya, kian menggugah minat pengunjung

Di tempat wisata ini, Dispar Kota Mataram akan membangun ruko belasan unit, khusus untuk penjualan berbagai hasil kerajinan tangan masyarakat. Kemudian akan dibangun panggung permanen lengkap dengan taman, serta hiasan keramik dan paving block di setiap ruas area wisata pantai Loang Baloq.

TAMAN: di area ini akan di tata sebagai taman Loang Baloq.

Jika destinasi wisata ini telah selesai dikerjakan, pihaknya akan menyerahkan pengelolaan dan perawatan lokasi wisata tersebut kepada masyarakat, melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

"Kita tidak bisa jauh dari keterlibatan komponen masyarakat dalam mengelola setiap lokasi wisata di Kota Mataram. Kita harus berjalan beriringan dengan masyarakat, karena pemerintah tidak bisa jalan sendiri," ungkap Kepala Dispar Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi, dikonfirmasi pekan kemarin.

PAVING BLOCK: untuk lebih mempercantik lagi, Dispar Kota Mataram akan menambah Paving Block di setiap ruas area Taman Loang Baloq.

Dia menyebut, Pokdarwis di beberapa lokasi wisata mulai tumbuh dan hampir 100 persen, masyarakat sekitar lokasi wisata, ikut terlibat dalam kelompok tersebut. Seperti lokasi wisata RTH Geong Siwu Babakan, Kota Mataram. Sebelumnya, pemerintah berencana membangun bendung. Namun RTH ini akhirnya mangkrak, Akibat luas lahan yang terbatas dan tidak memadai untuk konstruksi bendungan.

"Karena belum sempat terealisasi, akhirnya diserahkan kepada Masyarakat setempat melalui Pokdarwis untuk dikelola sebagai destinasi wisata lokal. Sekarang, sudah dibuatkan wisata air di sana, kemudian disediakan areal untuk camping dan menyewakan fasilitas tenda, sekaligus wahan bermain anak-anak," bebernya.

BERUGAK: tepat diatas bangunan baru yang dibangun, Dispar Kota Mataram akan menambah berugak. Sehingga pengunjung dapat meikmati sunset di Pantai Loang Baloq.

Berkaitan dengan tempat wisata milik pribadi, dia berkomitmen, akan terus mendorong agar lokasi wisata pribadi tersebut untuk maju dan berkembang. Bahkan, pihaknya bersedia untuk menfasilitasi untuk kepengurusan izin usaha serta kebutuhan lainnya.

"Itulah tugas kami selaku pemerintah kota, untuk mensuport dan menfasiltasi mereka. Tentunya yang bisa kami akomodir. Kami memang menginginkan masyarakat untuk lebih bergairah menciptakan usaha baru, terutama di sektor pariwisata," ujarnya.

Selain pengembangan sektor pariwisata, Dispar Kota Mataram juga tengah mengupayakan pengembangan UMKM. "Para pelaku UMKM, merupakan unsur yang mendorong kemajuan perekonomian masyarakat. Di mana sektor ini sempat terpuruk akibat pandemi korona," tutupnya.(RIN*)