Dikbud Terpesona, Dengan Kreasi SMAN 2 Praya dan Patut Dicontohi


 

Dari Perayaan HUT Smandra ke 37

LOTENG, (postkotantb.com) -  Sabtu kemarin, SMAN 2 Praya Lombok Tengah (Loteng) genap umurnya ke 37 tahun. Di umurnya yang ke 37, sekolah yang lebih ngetren dengan sebutan Smandra, sudah banyak menunjukkan kemajuannya, terutama dalam hal prestasi.

Banyak mengukir prestasi, sehingga membuat Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. H. Aidi Furqon terpesona.

Kepala SMAN 2 Praya Dr. Dian Iskandar Jaelani mengatakan, di HUT ke 37 ini, merupakan kali pertama ia laksanakan setelah beberapa bulan lalu dilantik sebagai kepala. Karena ini yang pertama, pihaknya selaku tuan rumah, mohon maaf jika ada salah baik dalam penyambutan dan yang lainnya.

"Jika ada salah, mohon maaf dan ini tentunya jadi pelajaran di masa mendatang," katanya.

Adapun tujuan dilaksanakannya HUT SMAN 2 Praya, pertama dalam rangka meningkatkan rasa cinta kepada sekolah, memberikan ruang kepada siswa untuk berkreasi dan sebagai wahana penguatan budaya sekolah.

Dikatakan, sebelum memasuki puncak kegiatan, pihaknya bersama panitia telah menggelar berbagai macam lomba, baik lomba eksternal dan internal. Dimana lomba tersebut, lebih mengarah kepada peningkatan mutu pendidikan siswa.

Dijelaskan, untuk eksternal sendiri, pihaknya telah mengundang seluruh MTs/SMP dan sejumlah Ponpes khususnya yang ada di sekitar Kecamatan Praya dan Praya Tengah.

Sedangkan untuk internal, diikuti oleh seluruh siswa yang ada di lingkungan SMAN 2 Praya. 

"Kegiatan lomba tersebut, sebagai salah satu langkah memeriahkan HUT SMAN 2 Praya ke 37, itu sudah kita laksanakan selama dua pekan lalu dan hari ini diumumkan nama nama pemenangnya. Dan untuk tingkat MTs/SMP umum diraih oleh MTsN 1 Loteng," terangnya.

Dihari puncak lanjutnya, juga dirangkaikan dengan santunan anak yatim dan orang tua jompo.

Dikatakan, kendati belum setengah tahun menjabat sebagai kepala, namun Alhamdulillah kemarin berhasil membawa nama baik daerah ditingkat Nasional, dalam hal lomba perpustakaan tingkat Nasional.

Dengan prestasi tersebut, pihaknya berharap itu sebagai filter untuk terus berbenah, sehingga SMAN 2 Praya menjadi salah satu sekolah kebanggaan pencari ilmu.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. Aidi Furqon mengaku bangga dengan torehan prestasi yang telah ditunjukkan SMAN 2 Praya.

Atas prestasi tersebut, pihaknya berharap ini menjadi contoh sekolah yang lain, terutama sekolah yang ada di bawah binaan Dikbud NTB. 

"Yang baik mari kita ambil untuk kita implementasikan, sehingga itu bisa membawa citra nama baik sekolah lebih baik," katanya.

Dikatakan, Dikbud NTB terus berupaya melahirkan terobosan baru, demi meningkatkan IPM NTB, sesuai perintah bapak gubernur.

Oleh karenanya,  pihaknya berharap semua pihak ikut membantu pemerintah, sehingga apa yang menjadi tujuan dalam mencerdaskan anak bangsa terwujud. "Selamat milad, semoga kedepan menjadi lebih baik," tutupnya.

Pantauan Postkotantb.com dilokasi, memeriahkan HUT SMAN 2 Praya ke 37, lingkungan sekolah penuh dihiasi ucapan selamat dan sukses, yang dibuat  masing-masing kelas dan sejumlah kelompok belajar lainnnya.

Tulisan tersebut berjejer di sepanjang pintu masuk ke sekolah, ada yang bertuliskan selamat dan sukses HUT SMAN 2 Praya, Perpustakaan Handayani, ekskul pencak silat, sanggar tari SMA, Gita pesona samandra dan lainnya.

Di hari ulang tahun ke 37 ini, mengambil tema "Gemilang Prestasi Sehat dan Cerdas". (AP)