Intensitas Hujan Tinggi, Jalan Yang Menghubungkan Antar Dua Desa Amblas

 


LOTENG, (postkotantb.com)- Jalan Kabupaten yang menghubungkan dua Desa di Kecamatan Janapria Lombok Tengah (Loteng), seperti penghubung Desa Kerembong dan Desa Selebung Rembiga amblas.

Amblasnya jalan penghubung dua desa tersebut, di sebabkan intensitas hujan jelang musim tanam sangat besar. Besarnya intensitas hujan tersebut, membuat kiriman air dari hulu menuju hilir, tepatnya di jembatan penghubung dua desa tersebut amblas.

Kepala Desa Kerembong Kecamatan Janapria Loteng Suhirmayadi saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. "Benar dah pak, jalan tersebut amblas dan hari ini saya akan laporkan ke Kabupaten," katanya, Selasa (16/11).

Dikatakan, secara pemetaan wilayah sesuai batas Desa dari BPS, jalan yang amblas ini sebenarnya bukan masuk wilayah Kerembong, melainkan wilayah Desa Selebung Rembiga, dan jalan itu termasuk jalan Kabupaten. Besarnya manfaat dari jalan sebagai penghubung antara Desa Kerembong dengan Desa Selebung Rembiga, sehingga pihaknya berinisiatif untuk melaporkannya ke Dinas langsung.

"Secara kewilayahannya sebenarnya itu bukan wilayah kami, tapi kita nilai dari akses manfaat, Ndak salah kita laporkan ke Dinas terkait," ungkapnya.

Setelah di laporkan, pihaknya berharap ada penanganan langsung dari dinas terkait, mengingat jalan yang amblas ini sudah masuk jalan kabupaten, yang notabenenya adalah tanggung jawabnya Kabupaten.

Informasi yang berhasil diinput postkotantb.com, jalan ini di bangun sekitar 20 tahun silam melalui Swadaya, dan jalan tersebut tidak pernah mendapatkan perbaikan dari pemerintah, kendati statusnya sudah naik jadi jalan Kabupaten.  (AP)