Antisipasi Bencana, TNI Siapkan Prajurit Terlatih


LOTENG, (postkotantb.com)-  Sedia payung sebelum hujan, itulah pribahasa yang layak disematkan, kepada para prajurit TNI dibawah kodim 1620 Loteng.

Pasalnya, seiring musim hujan datang, bencana pasti mengiringi. mengantispasi hal hal yang tak diinginkan. Kodim 1920 Loteng menyiapkan personil dan materiil untuk melakukan penanganan Ketika bencana terjadi. Kesiapan personil yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Basarnas, BPBD, Dinas PUPR, dan Dinas Kesehatan di Kabupaten Lombok Tengah tersebut di gelar pada Apel Gabungan di Makodim Jl. Gajahmada Kecatan Praya, Kamis 2 Desember 2021.

Pelaksanaan apel dipimpin langsung oleh Dandim 1620/Loteng, bersama Kapolres dan Kasat Pol PP. Didapuk menjadi Komandan Apel, Perwira Seksi Intelijen (Pasi Intel) Kodim, Kapten Inf. Wage Rudolf Supratman., apel berlangsung Pukul 10.30 Wita hingga selesai. Kegiatan Apel turut dihadiri oleh unsur forkopimda dan kepala perangkat instansi terkait. Pada kesempatan itu, selain mengecek kesiapan personil, Dandim juga melihat kesiapan materiil (kendaraan yang akan digunakan). 

Komandan Kodim (Dandim) 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., dalam arahannya membacakan amanat Danrem 162/WB mengatakan kegiatan apel dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil serta materiil apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu penanganan bencana alam.

Hal itu menanggapi tingginya intensitas curah hujan hingga cuaca ekstrem yang terjadi, menyebapkan di beberapa wilayah mengalami bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan lainnya.

"Kesiapsiagaan bencana alam memang harus menjadi perhatian utama kita, mengingat saat ini kita sudah memasuki musim penghujan, dan letak geografis Indonesia yang berada diantara Dua samudra besar yang terletak di wilayah lempeng tektonik (Ring Of Fire), membuat Indonesia rawan terkena gempa bumi yang dapat menimbulkan tsunami," kata Dandim.

Oleh karena itu, Komandan Kodim menyampaikan perlu untuk di ingat bersama bahwa dalam UU RI No.34 tahun 2004 menjelaskan tugas pokok TNI selain perang (OMSP) yaitu diantaranya membantu penanggulangan bencana alam baik pada tahap tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi. 

Diketahui Beberapa waktu lalu wilayah NTB juga pernah dilanda bencana alam hebat yaitu gempa bumi yang berkekuatan hingga 7 Skalaliter. Dampak dari kejadian tersebut tidak hanya memakan banyak korban jiwa, namun juga meluluhlantakkan rumah masyarakat dan bangunan  fasilitas umum lainnya. 

Untuk itu, melalui kegiatan Apel gelar kesiapan tanggap bencana tahun 2021 di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Dandim berharap seluruh prajurit dapat memahami tugasnya, sehingga nantinya masyarakat yang terdampak bencana alam segera mendapatkan bantuan. 

"Laksanakan tugas ini dengan penuh semangat. Ingat bahwa kita tidak hanya menjalankan tugas semata, namun juga ini merupakan misi kemanusiaan yang kelak tidak hanya mendapat apresiasi dari pimpinan dan masyarakat saja, namun juga akan dicatat oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai amal ibadah kita" pungkasnya. (AP)