ASKI Peduli dan Berbagi Pasca Banjir Lobar

Sekretaris DPD ASKI NTB, H.M Uzaini Areka, secara simbolis menyerahkan bantuan kopi kepada warga Bhayangkara  Residence melalui Ketua RT 7, Rifa'i, Rabu  (22/12/2021)

"Kopi Mempersatukan dan Mensejahterakan"

Lobar (postkotantb.com)- Sejak peristiwa banjir yang melanda Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Senin (6/12/2021) lalu, banyak bantuan yang mengalir. Di mana bantuan tersebut kebanyakan berupa sembako, mie instan, pakaian layak pakai dan makanan siap saji.

Berbeda dengan sumbangsih  Perkumpulan Petani dan Pegiat Kopi Indonesia, bersama DPD Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) NTB. Bhakti Sosial (Baksos) dalam rangka ASKI Peduli dan Berbagi pasca Banjir Lobar, asosiasi ini merelakan 200 bungkus bubuk kopi terbaiknya dengan berat, 300 Gram untuk dibagikan secara gratis.

Suasana ramah tamah dan kekeluargaan tampak saat tim dari ASKI NTB Ngopi Bareng warga di RT 7, Bhayangkara Residence.

Tidak hanya itu, ASKI juga membawa barista muda untuk meracik langsung kopi di setiap posko bencana. Hal ini dilakukan demi memanjakan para korban terdampak banjir dengan mengusung tema "Secangkir Kopi". Baksos ASKI NTB, menyasar di dua lokasi bencana sebagai skala prioritas. Yaitu, Bhayangkara Residense, Desa Ranjok, Gunungsari dan Dusun Presak, Meninting, Batu Layar, Lobar.

"Kami dari ASKI NTB, berusaha mensupport para korban bencana melalui secangkir kopi. Kami ingin menunjukan bahwa kopi mempersatukan dan mensejahterakan," ujar Sekretaris DPD ASKI NTB, H.M Uzaini Areka, disela-sela kegiatan ngopi bareng korban terdampak banjir Lobar, Rabu (22/12/2021).

Kedatangan ASKI NTB disambut antusiasme warga terdampak bencana yang berada di dusun Dusun Presak, Meninting, Batu Layar, Lobar.

Diakui Areka, kegiatan bhakti sosial ini juga sebagai langkah asosiasi dalam upaya penyembuhan pasca trauma bencana banjir (Trauma Healing,red). Dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu memotivasi dan membangkitkan kembali semangat hidup para korban tersebut.

"Kegiatan ini telah mendapatkan dukungan penuh dari DPP ASKI. Sehingga dapat berjalan dengan sangat baik," ungkapnya. 

Baksos ini pun tidak hanya dilaksanakan di Lobar. Kata Areka, ASKI Peduli Bencana juga dilakukan untuk membantu para korban terdampak Erupsi Gunung Semeru Lumajang, Jawa Timur (Jatim). Dia pun menegaskan, ASKI senantiasa siap siaga, jika sewaktu-sewaktu dibutuhkan untuk memotivasi korban bencana alam. 

"Khusus di Lobar, kami sengaja mengambil jatah terakhir dengan maksud memberikan semangat. Orang sehat tidak hanya dengan nasi ataupun makanan. Dengan kopi pun bisa," tegasnya.

Tim ASKI NTB bergotong royong membantu warga terdampak bencana di Dusun Presak.

Sementara itu, Ketua RT 7 Bhayangkara Residence, Rifa'i menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kedatangan ASKI NTB. Menurutnya, keberadaan pihak asosiasi sangat bermanfaat. Terlebih, warga di RT tersebut sangat membutuhkan kopi agar senantiasa waspada terhadap bencana banjir.

"Kopi ASKI NTB tidak seperti kopi kampung pada umumnya. Rasanya pas, teksturnya halus saat masuk di tenggorokan. Sensasi kopi buatan ASKI memang mantap dan nomor wahid," sanjungnya. (RIN)