Breaking News

Dikes Turunkan Tim, Lakukan Foging di Dusun Karang Galuh


LOTENG, (postkotantb.com)- Setelah melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk  (PSN) di Dusun Karang Galuh Desa Marong Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah (Loteng) bersama Polsek Praya Timur Sabtu lalu.

Hari ini, Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng kembali menurunkan tim, melakukan Foging guna mencegah penyebaran penyakit demam berdarah.

Kepala Puskesmas Mujur I.G.N.B dr. Wira Parranatta mengatakan, kendati foging sudah dilakukan, pihaknya tetap menekankan kepada masyarakat untuk

tetap melakukan PSN dengan melakukan 3 M, yaitu menguras, menutup dan menguburkan.

Selanjutnya menjaga lingkungan tetap bersih untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk demam berdarah.

Dikatakan, kendati sudah foging, mohon jangan sekali kali merasa aman dan bebas dari nyamuk, sebab foging hanya membunuh nyamuk dewasa tidak membunuh jentik nyamuk.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Loteng Dr. Suardi, SKM, MPH mengatakan, pemberantasan sarang nyamuk ini dilakukan dengan tujuan untuk membunuh jentik-jentik nyamuk  yang berada di container, bak mandi, sampah plastik, tempat minuman burung, dan kaleng-kaleng bekas di seluruh rumah dan pemukiman desa Marong. 

Selanjutnya sebagai implementasi dari PSN yang sudah dilakukan, hari ini sudah dilakukan fogging untuk membunuh nyamuk dewasa dengan menggunakan insektisida.

"Hari ini kita sudah kita lakukan foging di Dusun Karang Galuh Desa Marong, sebagai implementasi dari PSN yang sudah kita lakukan bersama pkm mujur, Kapolsek Mujur, pemdes Desa Marong dan masyarakat setempat," katanya.  

Atas adanya warga yang diduga meninggal akibat DBD, pihaknya selaku kepala dinas kesehatan Loteng, mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak terutama Kepala Puskesmas Mujur dr. Wira, Kapoksek Praya Timur IPTU Sayum, dan Kades Marong  beserta jajarannya atas respon cepat dalam mengantisipasi meluasnya kasus demam berdarah yang dibawa oleh vektor nyamuk Aedes Aegypti. 

Upaya-upaya lain juga dengan penyebaran informasi melalui penyuluhan kesehatan di sarana kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit dan jaringannya. Begitu juga melalui sarana ibadah seperti masjid dan musholla. (AP)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close